Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Kab. Pasaman Barat - 28/04/2013 09:50 WIB

Pemkab Jadikan Pantai Sasak Destinasi Wisata

Simpang Ampek, Sumbar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar menjadikan kawasan pantai Sasak sebagai destinasi wisata di daerah itu.

"Pantai Sasak merupakan salah satu potensi yang akan terus dikembangkan. Pembenahannya akan dilakukan secara bertahap," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pasaman Barat, Afrizal Azhar di Simpang Ampek, Minggu.

Dia mengatakan untuk tahun ini pihaknya menyediakan Rp500 juta untuk pembenahan pantai Sasak. Pantai itu akan menjadi pantai wisata andalan.

Menurut dia, pembenahan yang dilakukan mulai pembangunan jalan, pembenahan parkir, penertiban warung dan sarana permainan dan hiburan.

"Intinya Pantai Sasak yang berjarak 20 kilometer dari Kota Simpang Ampek ini nantinya akan dijadikan destinasi kawasan wisata keseluruhan di Pasaman Barat," kata Afrizal Azhar.

Dia menjelaskan letak Pantai Sasak yang tidak terlalu jauh dari Ibu Kota Kabupaten Simpang Ampek maka pengembangan kepariwisataan difokuskan ke lokasi itu. Apalagi, sebelumnya pembenahan telah dilakukan seperti membuat pintu gerbang, membenahi jalan dan menata warung yang ada.

Untuk pembenahan yang akan dilakukan tahun 2013 ini, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan. Sebab, pengembangan kawasan wisata tidak terlepas dari kerja sama antara instansi terkait.

Lebih jauh dikatakannya, pembenahan Pantai Sasak sangat perlu dilakukan sehingga mampu menarik para pengunjung. Pembangunan pantai Sasak tersebut tentunya harus didukung oleh semua pihak mulai dari ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai dan seluruh lapisan masyarakat, katanya.

"Saat ini setiap minggu kita mengadakan berbagai macam hiburan dan penampilan kesenian yang ada. Hal itu akan membuat pantai Sasak semakin ramai dikunjungi warga," ujarnya.
Ia menambahkan dilihat kondisi pantai Sasak saat ini, sudah mulai menunjukkan perkembangan yang pesat baik sarana prasarana maupun dari segi pengunjung.

Dengan pantai yang indah dan keramah-tamahan masyarakatnya sudah saatnya pantai tersebut terkelola dengan baik dan menyedot pengunjung agar berkunjung ke pantai Sasak.

Dibandingkan sebelumnya, saat ini pantai Sasak sudah sedikit bersolek dengan dilengkapi berbagai sarana pendukung berupa tempat duduk, tempat ibadah, serta berbagai jenis makanan khas yang enak disantap di kala santai menikmati Sunset.

Terlepas dari potensi Pantai Sasak yang begitu baik, saat ini masih terkendala mengenai pengembangan infrastruktur jalan menuju daerah tersebut.

┬┐Banyak faktor yang bisa dikembangkan jika semua elemen dapat bekerja sama membangun pariwisata di Pasaman Barat. Efek dari sadar wisata akan terlihat dengan menjamurnya restoran, hotel yang nantinya bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat di sekitar,┬┐ katanya.

Selain Pantai Sasak sejumlah objek wisata lainnya seperti pantai Aia Bangih, Muaro Binguang, Lubuak Landua dan lainnya juga akan menjadi perhatian pemerintah ke depan sehingga membawa wisata Pasaman Barat kearah yang lebih baik. (*/wij)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

202 Daerah Bakal Pemilu Kada Serentak 2015

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Pasaman Barat - 31/08/2014 07:12 WIB WIB

Pemkab Pasaman Barat Berikan Bantuan Korban Banjir..


Kab. Pasaman Barat - 31/08/2014 06:52 WIB WIB

Pemkab Pasaman: Rp56 Miliar Perbaikan..