Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Kab. Pasaman Barat - 27/06/2013 03:42 WIB

Kejaksaan Berjanji Selesaikan Tunggakan Berbagai Kasus Korupsi

Ilustrasi mural antikorupsi. (Antara)

Ilustrasi mural antikorupsi. (Antara)

Simpang Ampek, (Antara Sumbar) - Kejaksaan Negeri Simpang Ampek berjanji menyelesaikan tunggakan berbagai kasus dugaan korupsi yang sedang mereka tangani.

"Saya berjanji akan memberikan keterangan kepada masyarakat mengenai pengungkapan kasus yang kita tangani paling lambat 22 Juli ini. Kita tidak diam tapi bekerja sesuai tahapan yang telah ditetapkan," kata Kepala Kejaksaan Negeri Simpang Ampek Idianto, Kamis pagi.

Dia menyebutkan, sejumlah kasus yang sedang ditangani akan jelas statusnya pada 22 Juli bertepatan dengan hari ulang tahun kejaksaan.

"Mana kasus yang sedang penyelidikan, mana yang penyidikan dan mana kasus yang sudah ada tersangkanya akan jelas. Semua kasus akan saya ungkap dan ekspos besar-besar," ujar dia.

Dia menjelaskan di antara sejumlah kasus yang sedang mereka tangani adalah kasus pengadaan kapal pada Dinas Perhubungan tahun 2010, kasus pembangunan balai benih ikan di Talu Kecamatan Talamau, pengadaan mobil, pengadaan pembangkit listrik tenaga mikro hidro dan sejumlah kasus lainnya.

"Jika kasus itu statusnya sudah naik dari penyelidikan menjadi penyidikan maka secara otomatis tersangkanya sudah ditetapkan. Intinya tunggu saja gebrakan saya," tegas dia.

Dia menilai, sejumlah pegawai negeri sipil kadang pura-pura tidak tahu mengenai hukum sehingga mereka menutup mata saja terhadap berbagai pelanggaran.

"Mereka pada umumnya berlatar belakang pendidikan yang cukup tinggi, minimal sarjana. Namun, banyak yang membutakan mata dan menutup telinga dalam melanggar hukum," kata dia.

Para PNS, katanya, sangat rentan melakukan korupsi karena banyaknya intervensi dari berbagai pihak terutama dari atasan. Terhadap itu semua, dirinya tidak akan tinggal diam dan akan mengusut tuntas jika terindikasi melanggar hukum," tegas dia.

Dia menjelaskan, memiliki komitmen untuk memberantas korupsi terutama di kalangan PNS. Pihaknya mengimbau jangan takut dengan intervensi atasan jika melanggar hukum.

"Cara berpikir demi permintaan atasan biar melanggar hukum harus diubah. Sadar hukum dalam melakukan setiap kegiatan harus lebih ditingkatkan," kata dia. (*/aml)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

3000 Aparat Amankan Daerah Rawan Macet

PERSPEKTIF

Puasa dan Piala Dunia 2014

A.R. Loebis Oleh: A.R. Loebis

Babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 di Brazil sudah selesai digelar dan ada hikmahnya bagi pemain Iran dan Bosnia-Herzegovina yang tidak lolos ke..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Pasaman Barat - Hari ini, jam 04:08 WIB WIB

Pengunjung Padati Pantai Sasak Pasaman Barat..


Kab. Pasaman Barat - Hari ini, jam 01:31 WIB WIB

Masyarakat Diminta Laporkan Jika Ada Petugas Nakal..