Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Kab. Pasaman Barat - 30/06/2013 06:19 WIB

KPU Saring dan Ketik Daftar Pemilih Sementara

Komisi Pemilihan Umum. (Antara)

Komisi Pemilihan Umum. (Antara)

Simpang Ampek, (Antara Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasaman Barat mulai melakukan penyaringan dan pengetikan daftar pemilih baru menjelang keluarnya daftar pemilih sementara.

Ketua KPU Pasaman Barat, Syafrinaldi di Simpang Ampek, Sabtu mengatakan pihaknya terus melakukan percepatan penyusunan daftar pemilih sementara (DPS) yang akan diumumkan pada 11 Juli nanti.

"Sesuai tahapan itu maka saat ini sedang dilakukan penyaringan dan pengetikan data pemilih. Data itu merupakan hasil pendataan dan pemutakhiran pemilih di tingkat kecamatan hingga nagari dan jorong (desa adat)," ujar dia.

Dia mengatakan jika penyaringan dann pengetikan selesai maka hasilnya akan keluar daftar pemilih sementara. DPS itu akan diumumkan di panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS) hingga ke tingkat nagari dan jorong.

Menurut dia, pihaknya akan mengakomodir masyarakat yang belum terdaftar nantinya pada DPS. KPU Pasaman Barat akan membuka posko pengaduan di tingkat kabupaten, kecamatan dan nagari untuk mengakomodir pemilih yang belum terdaftar.

KPU juga akan menerima masukan dan tanggapan mengenai DPS dari 11 Juli sampai 1'Agustus pada posko pengaduan yang telah disediakan.

"Sebelum diumumkan akan ada uji petik di tingkat kabupaten pada 10 Juli dan akan diumumkan pada 11 Juli sampai 24 Juli. Sedangkan penyerahan salinan DPS partai politik ditingkat kecamatan dilakukan pada 12 sampai 15 Juli," kata Syafrinaldi.

Lebih jauh dia menambahkan pemutakhiran data mengacu pada data pemilih tetap pemilihan kepala daerah tahun 2010 sebanyak 238.295 orang. Namun, berdasarkan data dari pemerintah kabupaten telah terjadi peningkatan daftar pemilih.

"Berdasarkan data itu maka kouta jumlah kursi juga menjadi naik dari 35 kursi menjadi 40 kursi. Peserta pemilu hanya 12 partai politik,"katanya.

Untuk daerah pemilihan tidak terjadi penambahan dan tetap empat daerah pemilihan. Untuk dapil I tetap 10 kursi, dapil II 12 kursi, dapil III 10 kursi dan dapil IV 8 kursi. (*/aml)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

202 Daerah Bakal Pemilu Kada Serentak 2015

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Pasaman Barat - 27/08/2014 09:51 WIB WIB

Apkasindo: Hampir Rp2 Triliun Uang Petani Sawit..


Kab. Pasaman Barat - 27/08/2014 08:10 WIB WIB

Pemkab Pasaman Barat Berlakukan Darurat Bencana..