Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Ultah ANTARA 77
Berita

Kab. Pasaman - 08/10/2012 09:00 WIB

Pasaman Resmikan Lambang Daerah Baru

Logo Kabupaten Pasaman yang baru.

Logo Kabupaten Pasaman yang baru.

Lubuk Sikaping, Sumbar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat meresmikan logo dan lambang daerah yang baru.

Wakil Bupati Pasaman Daniel Lubis saat peringatan HUT Pasaman ke-67 di Lubuk Sikaping, Senin, menyebutkan logo dan lambang yang baru ini untuk menyempurnakan lambang yang lama karena dinilai sudah tidak sesuai dengan kondisi kekinian daerah yang terletak di bagian paling utara di Sumbar tersebut.

"Penggantian logo dan lambang daerah Pasaman dengan yang baru diatur sesuai dengan Perda Nomor 4 Tahun 2012 Tentang Lambang Daerah," kata dia.

Dia mengatakan, sebelumnya logo dan lambang daerah tersebut sudah diatur dalam Perda Nomor 16 Tahun 1981, kemudian mengalami perubahan untuk kedua kalinya berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 19 Tahun 1991.

"Berdasarkan pertimbangan dan pengkajian yang cukup dalam oleh berbagai pihak sehingga ditetapkan peraturan daerah untuk mengubah lambang daerah dengan yang baru pada saat HUT Pasaman yang ke-67 pada (8/10)," kata dia.

Dia menyebutkan, pada lambang dan logo yang baru sudah disempurnakan dengan berupa tulisan, gambar serta makna yang yang terkandung di dalamnya yang dinilai lebih baik.

"Setiap bentuk lukisan, warna-warna dan motto dalam logo daerah yang baru tersebut memiliki berbagai makna dan tujuan tertentu sesuai dengan keadaan Pasaman yang sekarang," kata dia.

Ia menyebutkan, pada logo Pasaman yang baru berbentuk perisai yang sebelah bawah lancip dan sebelah atas kanan dan kiri mempunyai lekuk yang berujung (masing-masing membentuk dua sudut) dengan warna dasar hijau muda yang garis pinggirnya berwarna hitam.

Sementara itu, lukisan di dalam logo daerah terdiri atas bukit barisan bergelombang dengan warna biru, rumah adat bergonjong lima dengan warna atap hitam, kubah masjid dengan warna Kuning emas dan globe atau Bola dunia dengan warna biru muda.

Selain itu juga ada garis mendatar warna Merah, lingkaran merah putih yang disempurnakan dengan empat puluh lima butir padi, dua belas kapas, terletak sebelah kiri dan kanan balai adat dengan warna kuning dan putih, penyatuan pada tangkainya dengan delapan ikatan.

Pada bagian atas tertulis kata "PASAMAN" dengan warna hitam, kemudian dibagian bawah tertulis Motto "SAIYO" dengan warna hitam diatas sebuah pita berwarna kuning emas yang maksudnya adalah Sehat, Aman, Indah, Yakin dan Optimis. (**/cpw/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Pasaman - 19/12/2014 02:59 WIB WIB

BNK Pasaman: Pemkab Siapkan Anggaran Tes Urine..


Kab. Pasaman - 18/12/2014 05:46 WIB WIB

Perpustakaan Daerah Pasaman Miliki 4.939 Judul..