Berita harian sumbar terkini update terlengkap

perkawinan
Berita

Kab. Pasaman - 24/04/2013 08:13 WIB

BNPB Sediakan Paket Bantuan Kebencanaan untuk Sumbar

Syamsul Maarif

Syamsul Maarif

Lubuk Sikaping, Sumbar, (Antara Sumbar) - Badan Nasional Penanggulangan Bancana (BNPB) menyediakan lima paket bantuan untuk Provinsi Sumatera Barat terkait penanggulangan bencana di daerah itu.

Kepala BNPB Syamsul Maarif di Pasaman, Rabu, mengatakan paket bantuan tersebut agar penanganan kebencanaan yang terjadi di Sumbar berjalan optimal dan risiko yang ditimbulkan menjadi lebih ringan.

"Masyarakat tidak perlu takut menghadapi bencana. Semua bisa diatasi dengan baik melalui koordinasi intens antar sesama pihak terkait," ujarnya.

Ia menyebutkan, lima paket yang disediakan itu adalah pembangunan rumah hunian tetap pada kawasan yang dilanda bencana dan rusak parah serta bantuan perbaikan infrastruktur seperti jalan dan jembatan.

Selanjutnya BNPB juga memberikan bantuan terhadap sekolah dan masjid serta perbaikan perkantoran yang rusak dilanda bencana seperti pembangunan yang dilakukan di Mapolda Sumbar.

Terakhir bantuan yang disediakan BNPB berupa peningkatan perekonomian produktif melalui kelompok usaha masyarakat (UKM) sehingga lebih cakap dalam menghadapi bencana.

"Saat ini kita telah menandatangani kesepakatan dengan pemerintah daerah dan berbagai pihak lainnya untuk menunjukkan keseriusan pemerintah dalam hal ini," ujarnya.

Terkait bantuan tersebut, Syamsul Maarif mencontohkan sejumlah pembangunan yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Pasaman yang meliputi tiga jembatan dengan dana Rp13 miliar lebih dan bangunan huntap untuk 100 rumah masyarakat termasuk perkantoran dengan biaya Rp2,5 miliar.

Dia mengimbau segenap unsur masyarakat untuk tetap memiliki pikiran positif dan tidak panik di saat bencana melanda. Dalam menghadapi bencana mesti mengedepankan rasa sabar karena sesuatu yang terjadi sudah di luar dugaan manusia.

"Setiap bencana yang datang kepada kita menandakan bahwa kita mampu untuk menghadapinya. Di samping itu perlu juga diketahui bahwa pada alam yang subur pasti ada masalah bencana mengimbanginya,"katanya.

Misalnya pantai yang indah ada tsunami yang mengintainya. Begitu juga dengan kawasan pegunungan dan perbukitan yang menjulang ada potensi galodo dan banjir, katanya. (**/zik)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Oleh: Arnaz Firman

Kalimat tanya yang sangat sederhana tapi penuh arti itu terlontar dari mulut Ketua "Tim Sembilan" Ahmad Syafii Ma'arif usai dengan beberapa..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Pasaman - Hari ini, jam 01:17 WIB WIB

Kesbangpol Pasaman Catat 20 Ormas dan LSM..


Kab. Pasaman - Hari ini, jam 01:17 WIB WIB

Tower Telekomunikasi Hasilkan PAD Rp352,16 Juta..