Berita harian sumbar terkini update terlengkap

pt Angkasa Pura
Berita

Kab. Pesisir Selatan - 17/05/2012 03:40 WIB

Pemkab Pesisir Selatan Matangkan Persiapan "Festival Langkisau"

Painan, Sumbar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mematangkan persiapan "Festival Langkisau" X yang akan digelar bersama dengan balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) mulai 6 Juni 2012.

Kepala Dinas Pariwisata Seni Budaya Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Iqbal Rama Dipayana di Painan, Rabu, mengatakan, khusus "Festival Langkisau", pemerintah kabupaten (pemkab) setempat merencanakan penyelenggaraannya selama delapan hari, mulai 6 Juni 2012.

Sedangkan kegiatan internasional balap sepeda "Tour de Singkarak", kabupaten itu mendapat jadwal sebagai tempat finis pada 9 Juni 2012 setelah star atau mulai dari Pariaman pada etape enam.

"Kita sudah bentuk panitia dua acara bergengsi tersebut dan selanjutnya diberikan kewenangan sesuai tugas dan fungsi masing-masing untuk mematangkan persiapan. Khusus Tour de Singkarakan akan berlangsung 9 Juni, Festival Langkisau 6 - 12 Juni 2012," katanya.

Pelaksanaan Festival Langkisau tahun ini sengaja direncanakan lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya yakni akhir bulan Juli.

Kata ia, Festival Langkisau X dilaksanakan lebih cepat karena menyesuaikan dengan "Tour de Singkarak" yang baru pertama kali dilaksanakan di kabupaten ini.

Menyangkut persiapan Tour de Singkarak, panitia diminta untuk menyelesaikan paling lambat tanggal 1 Juni 2012, seperti jalan yang akan dilalui rute balap sepeda itu.

Jika jalan tersebut merupakan jalan negara (nasional) maka kewenangan untuk perbaikan dilakukan oleh Satuan kerja (Satker) wilayah 1 yang berada di Sumatera Barat.

Perbaikan jalan nasional akan dilakukan pada pecing-pecing yang rusak mulai dari perbatasan Kota Padang dengan kabupaten itu hingga Painan (pusat Kabupaten Pesisir Selatan).

Pemkab setempat dalam hal ini hanya mengusulkan untuk dilakukan perbaikan secepatnya sekaitan dengan pelaksanaan Tour de Singkarak, begitu juga dengan persiapan lainnya.

Sementara pada Festival Langkisau X, panitia akan menyelesaikan seluruh persiapan sebelum tanggal 4 Juni 2012. Festival Langkisau akan mengemas beberapa perlombaan dalam helat tersebut seperti lomba paralayang, selaju sampan dan Mangaik (menangkap) ikan Mungkuih serta fun bike.

Selain itu Festival Langkisau juga akan diramaikan dengan pekan budaya Minang, lomba Lagu Minang, pagelaran kesenian tradisional, seni kreasi dan tidak ketinggalan lomba Rabab.

Pemilihan duta wisata atau lebih dikenal dengan ¿Uda dan Uni¿ Pesisir Selatan juga akan dilakukan seperti tahun sebelumnya. Pameran budaya dan bazar juga akan mengisi kegiatan Festival Langkisau yang merupakan agenda rutin tahunan Pesisir Selatan itu.

Dua acara nasional dan internasional ini sengaja disatukan tujuannya selain sebagai ajang promosi juga untuk melestarikan seni budaya Minang dan mendongkrak sektor pariwisata. (*/B/jun/wij)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Pesisir Selatan - 27/11/2014 03:58 WIB WIB

Pemprov Sumbar Gelar Dialog Politik Bersama..


Kab. Pesisir Selatan - 26/11/2014 10:42 WIB WIB

Pemkab Pesisir Selatan Segera Tindak Koperasi..