Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Kab. Pesisir Selatan - 04/02/2013 08:02 WIB

Pembangunan Polres Pesisir Selatan Segera Tahun 2013

Painan, (Antara Sumbar) - Pengerjaan pembangunan Markas Polisi Resor (Mapolres) Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan dimulai sesegeranya pada tahun 2013.

"Tahun ini pembangunan gedung baru Markas Polres (Mapolres) Pesisir Selatan akan dimulai dengan dana yang dianggarkan sebanyak Rp10 miliar. Untuk pembangunan itu, Markas Besar (Mabes) Polri menganggarkan Rp8 miliar dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebanyak Rp2 miliar, " kata Wakil Kepala Polisi Resor (Wakapolres) Pesisir Selatan, Komisaris Polisi Dwi Harsono di Painan, Senin.

Sebelumnya, bangunan gedung lama Mapolres tersebut mengalami musibah kebakaran pada Juli 2012. Api melalap semua bangunan gedung serta isinya. Akibatnya, seluruh personil Polres diungsikan berkantor di Markas Polisi Sektor (Mapolsek) IV Jurai yang berlokasi sekitar tiga kilometer dari Mapolres tersebut.

Sesuai rencana, pembangunan gedung baru Polres tersebut akan dilakukan dengan konstruksi bangunan beton bertulang, tahan gempa dan bertingkat tiga. Ukuran dasar bangunan tersebut 50 x 20 meter atau dengan luas 1.000 meter persegi.

Saat ini pengerjaan bangunan itu sudah dimulai dengan persiapan membersihkan lokasi dari puing-puing sisa bangunan yang terbakar sehingga tidak mengganggu pelaksanaan pengerjaan nanti.

"Pembangunan Polres ini akan dilakukan tiga tingkat dengan konstruksi tahan gempa sehingga setelah selesai pembangunannya dapat dimanfaatkan sebagai tempat evakuasi tsunami (shelter). Pada bagian paling atas atau lantai tiga bangunan itu khusus difungsikan sebagai shelter, " kata ia.

Menurut ia, bangunan itu sengaja di rancang dengan multi fungsi yakni sebagai Kantor Polres dan tempat evakuasi karena lokasi bangunan itu berada pada daerah rawan bencana tsunami yang berpenduduk padat dan dekat dari berbagai kantor pemerintahan.

Jika pengerjaannya selesai, bangunan bertingkat tiga itu dapat menampung sebanyak 1.500 jiwa masyarakat untuk penyelamatan diri saat bencana tsunami terjadi.

Ia berharap dengan selesainya pembangunan Mapolres itu maka dapat memberi motivasi ke depannya bagi Polri, khususnya yang bertugas di Polres tersebut dalam menjalankan aktivitasnya sebagai pelayan dan pengayom masyarakat.

"Pascakebakaran melanda Mapolres pada Juli 2012 hingga kini seluruh personil masih tetap melaksanakan tugas di Mapolsek IV Jurai. Mudah mudahan selesai bangunan ini, kembali bisa melayani masyarakat di lokasi lama (Painan), sehingga lebih memudahkan bagi masyarakat dalam berurusan ke Mapolres, " kata dia. (*/jun/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Lulus PTN Jadi Acuan Penghargaan UN

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Pesisir Selatan - 17/04/2014 02:12 WIB WIB

Pemkab Pesisir Selatan Gelar Lomba Dayung..


Kab. Pesisir Selatan - 15/04/2014 04:28 WIB WIB

Pemkab Pesisir Selatan Klaim UN Berjalan Lancar..