Berita harian sumbar terkini update terlengkap

pt Angkasa Pura
Berita

Kab. Pesisir Selatan - 19/02/2013 09:16 WIB

Pesisir Selatan Alokasikan Dana Pertanian Rp16,6 Miliar

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengalokasikan dana melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kabupaten setempat sebanyak Rp16,6 miliar untuk sektor pertanian sebagai prioritas pembangunan pada 2013.

"Sektor pertanian tetap menjadi program prioritas pembangunan pemerintah kabupaten (pemkab) setempat pada 2013, karena potensi strategis yang dimiliki bisa diandalkan untuk memacu pembangunan di kabupaten ini. Sebagai penunjang kegiatan, pemkab mengalokasikan dana Rp16,6 miliar, tahun ini, " kata wakil Bupati Pesisir Selatan, Editiawarman di Painan, Selasa.

Menurut dia, kabupaten itu sangat cocok untuk pengembangan pertanian sesuai dengan potensi lahan yang dimiliki. Hingga kini lahan pertanian yang belum tergarap di kabupaten itu sekitar 25 ribuan hektare dari 80 ribuan hektar lahan yang berpotensi untuk sektor pertanian.

Khusus areal pertanian sawah yang menjadi andalan kabupaten itu, potensi lahan yang sudah tanam dimiliki kabupaten itu seluas 56 hektare. Sedangkan yang belum tergarap secara maksimal karena berbagai alasan, salah satunya belum tersedianya irigasi sekitar 25 ribu hektare.

Tingkat produksi dari lahan seluas itu sebanyak 246 ribu ton per tahun dengan produksi hasil panen mencapai 5-6 ton perhektar. Ke depan produksi diharapkan terjadi peningkatan hingga 265 ribu ton per tahun.

Dia merencanakan, ke depan pengelolaan lahan terlantar hingga menghasilkan produk pertanian akan benar-benar melalui mekanisme dan teknologi yang tepat guna, dengan harapan dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kesejahteraan rakyat.

Untuk mencapai tujuan tersebut, pemkab setempat akan mengidentifikasi tingkat produksi masing-masing komoditi pertanian, sehingga dapat menentukan skala industri yang akan dikembangkan dari hasil pertanian yang ada.

Komitmen pemerintah kabupaten dalam pembangunan sektor pertanian merupakan wujud dukungan terhadap kebijakan nasional dalam melakukan refitalisasi pertanian.

Hal itu dilakukan untuk mendukung pencapaian sasaran menciptakan lapangan kerja di daerah melalui pencerahan bidang pertanian khususnya masyarakat yang bermukim disekitar lahan terlantar.

Kata dia, sektor pertanian sangat erat kaitannya dengan agenda pembangunan ekonomi dan berbagai agenda pembangunan lain. (*/jun/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Pesisir Selatan - 17/11/2014 05:22 WIB WIB

BPBD Tarik Personel dari Lokasi Banjir Silaut..


Kab. Pesisir Selatan - 14/11/2014 06:28 WIB WIB

Pemkab Salurkan Bantuan Beras kepada Korban Banjir..