Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Kab. Pesisir Selatan - 20/05/2013 10:56 WIB

Pesisir Selatan Jamin Pangan Cukup Hingga Ramadhan

Painan, Sumbar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menjamin stok pangan umtuk memenuhi kebutuhan masyarakat di kabupaten itu mencukupi hingga bulan Ramadhan tahun 2013.

"Kabupaten ini dijamin tidak mengalami kekurangan stok pangan hingga bulan puasa mendatang karena masyarakat baru saja melakukan panen raya padi. Selain itu, stok beras masih tersedia di gudang Badan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) II Sumbar, Sago Painan, " kata Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit di Painan, Senin.

Tidak saja itu, pemkab juga memiliki persediaan gabah di sepuluh lumbung pangan yang tersebar di 10 dari 15 kecamatan yang ada di kabupaten itu.

Hanya saja, kata dia, terkait pangan tersebut pemkab setempat perlu mengawasi ketat pergerakan harga karena sewaktu waktu para pedagang bisa saja menaikan harga kebutuhan pokok tersebut.

Menurut dia, stok beras yang ada saat ini, selain berguna sebagai pertanahanan pangan jika terjadinya pelonjakan harga saat stok di masyarakat mulai menipis juga bermanfaat untuk ketahanan pangan jika terjadi berbagai bencana alam.

Untuk menjaga ketahanan pangan agar tetap tersedia dan tidak terjadinya lonjakan harga akibat stok menipis, pemkab setempat terus berupaya memperbanyak stok dengan melakukan pembelian gabah dari hasil panen petani melalui lembaga distribusi pangan masyarakat (LDPM) yang tersedia di kecamatan.

Tempat penyimpan stok pangan yang ada diperkirakan mampu menjaga dan mengendalikan ketahanan pangan di kabupaten itu. Dimana, di saat terjadi bencana dan stok minipis maka LDPM akan berfunsgi menyalurkan stock yang ada.

"Inilah fungsinya LDPM, di saat terjadi bencana dan stock menipis maka bahan pangan yang tersedia dapat didistribusikan langsung ke masyarakat yang membutuhkan," kata dia.

Saat ini, kabupaten itu telah memiliki empat unit LDPM yakni dua unit di Kecamatan IV Jurai, dua unit lagi masing-masing di Bayang Utara dan Koto XI Tarusan.

Sesuai dengan tujuan pemkab setempat mendirikan lembaga itu yakni berfungsi mengantisipasi kekurangan stok pangan, baik saat terjadinya bencana alam maupun memasuki masa-masa pergantian musim.

Data Ketahanan Pangan setempat menunjukan sisa persediaan beras di kabupaten itu masih tersisa 40,5 ribu ton. Produksi setara beras kabupaten itu yakni total luas panen beras 52.610 hektar dengan produksi gabah kering panen 253.730 ton. Sementara kebutuhan beras 170.614 ton, terjual 117.460 ton. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Pesisir Selatan - Hari ini, jam 06:29 WIB WIB

Pemkab Pesisir Selatan Distribusikan Obat Kaki..


Kab. Pesisir Selatan - Hari ini, jam 06:25 WIB WIB

Pesisir Selatan Bangun Kolam Renang Air Laut..