Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Kab. Pesisir Selatan - 16/07/2013 02:25 WIB

KPU Pesisir Selatan Tetapkan DPS 313.481 Orang

Komisi Pemilihan umum (KPU). (Antara)

Komisi Pemilihan umum (KPU). (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - Komisi Pemilihan umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan menetapkan jumlah daftar pemilih sementara (DPS) di kabupaten itu sebanyak 313.381 orang untuk pemilihan umum (Pemilu) tahun 2014.

"Jumlah ini baru sementara dan masih dapat berubah, kemungkinan bisa bertambah atau berkurang. Salinan data DPS ini sudah kita berikan kepada seluruh pengurus partai politik (Parpol), panitia pengawas pemilu (Panwaslu) kabupaten dan kecamatan serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di kabupaten ini," kata Ketua KPU Pesisir Selatan Epaldi Bahar di Painan, Selasa.

Untuk jelasnya oleh masyarakat tentang DPS itu, maka KPU melakukan sosialisasi hingga nagari (desa adat) dan mengumumkan dengan menempelkan DPS di kantor wali nagari (kepala desa adat) masing-masing.

Bagi namanya yang belum masuk dalam DPS maka mereka (masyarakat) dapat melaporkan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di kecamatan masing-masing atau langsung ke KPU untuk dilakukan rekap ulang di KPU.

"Bagi masyarakat yang belum ada namanya dalam DPS, mereka boleh melaporkan kepada PPS, PPK atau langsung ke KPU untuk dilakukan rekap ulang," ucap dia.

Dia mengatakan laporan atau masukan dan tanggapan masyarakat mengenai DPS tersebut dapat disampaikan hingga 1'Agustus 2013. Laporan tersebut tidak saja bagi namanya yang belum tercantum dalam DPS, tetapi juga bagi nama yang sudah terdaftar yang tidak sesuai dengan identitas sebenarnya.

Seluruh masukan dan laporan masyarakat mengenai DPS tersebut, nantinya KPU akan merekap atau memasukan dalam daftar pemilih sementara hasil perbaikan setelah tanggal 1 Agustus 2013 dan kemudian ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) pada Bulan September 2013.

Jumlah kursi yang akan diperebutkan pada Pemilu tahun 2014 sebanyak 45 kursi. Kursi itu bertambah dari periode sebelumnya yang hanya 40 kursi.

Sedangkan jumlah daerah pemilihan (Dapil) tetap seperti periode sebelumnya yakni lima Dapil yang meliputi 15 kecamatan.

Menurut dia, bertambahnya jumlah kursi DPRD kabupaten setempat pada pemilu mendatang disebabkan oleh meningkatnya jumlah penduduk kabupaten itu dari pemilu tahun 2009.

"Kita berharap berbagai tahapan pemilu yang dilakukan dapat berjalan lancar. Maka itu masukan masyarakat sesuai tahapan sangat diharapkan," kata dia. (*/jun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Pesisir Selatan - 21/10/2014 02:58 WIB WIB

Warga Pessel Diimbau Waspadai Banjir..


Kab. Pesisir Selatan - 21/10/2014 12:28 WIB WIB

Pemkab Pesisir Selatan Imbau Warga Waspadai..