Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Ultah ANTARA 77
Berita

Kab. Pesisir Selatan - 12/08/2013 05:07 WIB

Pengunjung Objek Wisata Pesisir Selatan Didominasi Perantau

Painan, (Antara Sumbar) - Pengunjung objek wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan didominasi oleh perantau nusantara dari berbagai kota dan provinsi lain di Indonesia selama lebaran 1434 Hijriah.

Kepala Seksi Destinasi dan Pengembangan Wisata Dinas Pariwisata Seni Budaya Pemuda dan Olah Raga Pesisir Selatan Suhendra Jufridal di Painan, Senin, mengatakan objek wisata di kabupaten itu yang ramai dikunjungi para perantau pada lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah terdapat di lima lokasi.

Objek wisata itu adalah Pantai Teluk Tempurung (Kecamatan Batang Kapas), Bukit Taratak Indah (Sutera), Pantai Carocok Painan, Puncak Langkisau (IV Jurai), Jembatan Akar, Air Terjun Bayang Sani (IV Nagari Bayang Utara) dan Pasir Putih Kambang (Lengayang).

Dia menyebutkan, di sejumlah tempat parkir objek wisata tersebut, kendaraan sepeda motor dan mobil milik pengunjung yang parkir, sekitar 50 persen berpelat (Nomor Polisi) di luar Provinsi Sumatera Barat.

Dari tujuh objek wisata tersebut kata dia, hanya Pantai Carocok Painan yang sudah memberikan kontribusi bagi pendapatan asli daerah (PAD) kabupaten setempat karena pengelolaannya dilakukan oleh pemkab setempat.

Sedangkan objek wisata lainnya, meski sudah dikenal banyak orang di tingkat nasional, namun kontrbusi secara langsung untuk PAD kabupaten itu belum ada hingga kini karena pengelolaannya masih oleh masyarakat setempat.

Sementara Desi (33) seorang pengunjung objek wisata Pantai Carocok Painan mengatakan selain untuk bersilaturrahmi dengan saudara dan kerabat, acara pulang kampung saat lebaran itu digunakan untuk menikmati keindahan alam Pesisir Selatan.

Dia mengaku, mengunjungi tempat wisata di kabupaten itu pada lebaran memang sudah direncanakan bersama keluarganya sejak dari rantau (Pekanbaru Riau).

Meski masih ada beberapa tempat wisata di kabupaten itu yang belum dikunjungi pada lebaran ini, namun kepuasan bathin dalam menikmati indahnya alam Pesisir Selatan sudah dirasakan sejak hari pertama Lebaran 1434 Hijriah.

"Keindahan alam Pesisir Selatan memang sejak lama ingin kami nikmati dari rantau. Sejak tiga tahun lalu kami ingin pulang untuk melihat kampung halaman dan bersilaturrahmi dengan saudara dan kerabat di kampung halaman, namun baru lebaran ini baru tercapai," kata dia.

Menurut perantau Pekanbaru asal kabupaten itu, sejak lahirnya di Pekanbaru, baru lebaran ini datang langsung dan menyaksikan betapa indahnya alam kabupaten yang terletak memanjang di pesisir pantai bagian selatan Sumbar itu. (*/jun/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Pesisir Selatan - 19/12/2014 03:10 WIB WIB

Pesisir Selatan Siagakan SAR Pada Tahun Baru..


Kab. Pesisir Selatan - 19/12/2014 01:33 WIB WIB

Pemkab Kerahkan Satpol PP Amankan Tahun Baru..