Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Kab. Pesisir Selatan - 25/08/2013 10:35 WIB

18 Wali Nagari Masuk DCT Pesisir Selatan

Painan, (Antara Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pesisir Selatan mencatat sebanyak 18 wali nagari (kepala desa adat) di kabupaten itu masuk dalam daftar calon tetap peserta Pemilihan Umum 2014.

Komisioner KPU Kabupaten Pesisir Selatan Toni Marsi di Painan, Minggu, menegaskan bahwa semua wali nagari itu telah memenuhi syarat masuk DCT anggota DPRD setempat.

Sebagai pimpinan nagari, lanjut dia, sebelum ditetapkan sebagai DCT, terlebih dahulu mereka harus melengkapi persyaratan, khususnya mengisi formulir BB-7 dan melampirkan surat pemberhentian sebagai wali nagari dari pemerintah kabupaten (pemkab) setempat dan ditandatangani oleh Bupati.

Toni menegaskan, dalam Pasal 86 Ayat (2g) dan Ayat (2h) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD, disebutkan bahwa wali nagari (kepala desa) dan perangkat desa dilarang menjadi pelaksana kampanye.

Namun, jika maju sebagai calon legislatif, mereka harus berhenti sebagai wali nagari dan pemberhentiannya dibuktikan secara tertulis atau dengan surat.

Kepada mereka diharuskan untuk mengisi formulir BB-7 yang disediakan di KPU dan dinyatakan telah memenuhi persyaratan apabila melampirkan surat pemberhentian dari pemerintah kabupaten setempat.

Sebanyak 18 wali nagari itu diusung oleh 10 dari 12 parpol peserta Pemilu 2014, sedangkan parpol yang tidak memiliki bacaleg dari wali nagari tersebut adalah PDI Perjuangan dan PKPI.

Ia lantas memerinci parpol pengusung tersebut, yakni Gerindra sebanyak tiga wali nagari, NasDem empat orang, PPP dua orang, PAN dua orang, PKS dua orang, sementara Golkar, PBB, PKB, dan Hanura masing-masing satu orang.

KPU Kabupaten Pesisir Selatan menetapkan DCT anggota calon legislatif dengan jumlah 493 orang, dan sebanyak 35 persen di antaranya perempuan. (*/jun/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Pesisir Selatan - Hari ini, jam 07:08 WIB WIB

Pemerintah Jadikan Kawasan Penyu Sebagai..


Kab. Pesisir Selatan - 30/10/2014 05:13 WIB WIB

Hanura Pesisir Selatan Dukung Program..