Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita Duka
Berita

Kab. Solok Selatan - 17/04/2013 06:35 WIB

Solok Selatan Kembali Dapat Bantuan Bus Perintis

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat kembali menerima bantuan dari Perum Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (Damri) berupa dua unit bus perintis.

Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi kabupaten itu, Harri Firdian didampingi Kasi Pelayanan Lalu lintas Saptono di Padang Aro, Rabu, menyebutkan, dua unit bus perintis ini akan dioperasikan setiap hari dengan rute Padang Aro-Sungai Sungakai Kecamatan Sangir Balai Janggo yang berjarak sekitar 40 kilometer.

"Kita memang sangat membutuhkan bus perintis ini karena belum adanya angkutan umum resmi di Solok Selatan padahal daerahnya mempunyai jarak yang cukup jauh dengan pusat ibukota kabupaten", kata dia.
Dia menambahkan, selama ini akses dari Padang Aro yang merupakan ibukota Kabupaten ke Sangir Balai Janggo hanya menggunakan ojek sepeda motor atau masyarakat memakai kendaraan sendiri. Dengan adanya bus perintis ini diharapkan bisa lebih memudahkan warga ke Padang Aro.

Menurut dia, dengan menggunakan bus perintis Damri masyarakat akan lebih berhemat karena ongkosnya rendah.

"Sesuai dengan ketentuan, Damri hanya memungut biaya satu kilometer Rp125 dan ini jauh lebih murah dibandingkan angkutan lain bahkan pakai kendaraan sendiri," jelasnya.

Dia berharap, dengan sudah lancarnya perhubungan dari Padang Aro ke Sangir Balai Janggo mampu membantu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Selain itu, dia kembali berharap, tahun depan Solok Selatan kembali dibantu oleh Damri untuk rute Padang Aro-Sungai Rumbai.

Ia mengungkapkan, untuk tahun ini di Sumatera Barat hanya Solok Selatan yang mendapat bantuan dari Damri.

"Padahal Kabupaten lain juga banyak yang mengajukan permohonan ini dan hanya Solok Selatan yang dibantu tahun ini untuk itu kita mengucapkan terima kasih pada Perum Damri," kata dia.

Dia menambahkan, mobil bantuan ini dipergunakan hanya untuk mengangkut penumpang dan jika masyarakat ingin menyewanya tidak akan bisa supaya penggunaannya tepat sasaran.

"Selain itu, juga akan diganti waktu operasionalnya. Jika biasanya pagi keduanya hanya berangkat dari Padang Aro, sekarang dari Sungai Sungkai satu unit," sebutnya.

Solok Selatan pada 2012 juga mendapat bantuan tiga unit bus perintis dari Damri untuk rute Padang Aro-Leter W. (**/rik/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Solok Selatan - 30/09/2014 08:07 WIB WIB

ICS: Masyarakat Zona Khusus Mesti Dibina TNKS..


Kab. Solok Selatan - 30/09/2014 07:59 WIB WIB

Bukit Kandih akan Dijadikan Permukiman..