Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Kab. Solok Selatan - 27/04/2013 05:59 WIB

Bacaleg Perempuan di Solok Selatan 108 Orang

Ilustrasi. (Antara)

Ilustrasi. (Antara)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Jumlah bakal calon legislatif perempuan yang didaftarkan partai politik peserta pemilihan umum legislatif ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, sebanyak 108 dari jumlah bacaleg 279 orang.

"Bacaleg perempuan yang didaftarkan berjumlah 108 dari jumlah keseluruhan bacaleg sebanyak 279 orang dari 12 parpol," kata Ketua KPU Solok Selatan Isyuliardi Maas saat dihubungi, Jumat.

Setiap parpol rata-rata mendaftarkan bacaleg lebih dari 30 persen di setiap daerah pemilihan (Dapil). Sesuai dengan sebaran kuota kursi per-dapil, rincian kuota caleg perempuan terbagi atas, Dapil I dan Dapil II masing-masing tiga caleg dan Dapil II berjumlah empat caleg.

Sementara jumlah kursi DPRD yang akan diperebutkan sebanyak 25 kursi, yang terbagi atas Daerah Pemilihan (Dapil) I Kecamatan Sangir sebanyak tujuh kursi.

Lalu Dapil II yang meliputi Kecamatan Pauh Duo, Sungai Pagu dan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) sebanyak 11 kursi. Kemudian Dapil III yang mencakup Kecamatan Sangir Jujuan, Sangir Batanghari dan Sangir Balai Janggo sebanyak tujuh kursi.

Dia menyebutkan, hari ini pihaknya baru akan melakukan verifikasi berkas bacaleg dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), kendati jadwal verifikasi telah dimulai tanggal 23 April dan berakhir 6 Mei.

"Hari ini kami akan memverifikasi berkas persyaratan bacaleg dari PKS dan PKB karena kedua partai ini yang lebih dulu menyerahkan berkas persyaratan bacalegnya," katanya.

PKS menyerahkan berkas persyarakat bacaleg pada Jumat (19/4) yang merupakan parpol pertama yang menyerahkan DCS, sementara PKB menyerahkan berkas persyaratan bacaleg pada Minggu (21/4).

Dalam melakukan verifikasi, KPU dibantu oleh Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama untuk memverifikasi ijazah, kemudian Dinas Kesehatan untuk memeriksa hasil tes kesehatan dan dari Kepolisian untuk menindaklanjuti jika ditemukan adanya pemalsuan dokumen.

Setelah diverifikasi, KPU kemudian menyampaikan hasil verifikasi tersebut ke parpol pada 7-8 Mei.

"Dari hasil verifikasi tersebut pasti ditemukan adanya kekurangan persyaratan. Sesuai jadwal, perbaikan persyaratan dijadwalkan dari 9-22 Mei," ujarnya.

Daftar potensial pemilih pemilu (DP4) yang diserahkan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan ke KPU setempat sebanyak 129.706 pemilih sementara jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di daerah itu dalam pemilihan umum kepala daerah tahun 2010 berjumlah 102.428 pemilih. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

3000 Aparat Amankan Daerah Rawan Macet

PERSPEKTIF

Puasa dan Piala Dunia 2014

A.R. Loebis Oleh: A.R. Loebis

Babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 di Brazil sudah selesai digelar dan ada hikmahnya bagi pemain Iran dan Bosnia-Herzegovina yang tidak lolos ke..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Solok Selatan - 24/07/2014 02:19 WIB WIB

Pemudik Waspadai Pasar Tumpah Solok Selatan..


Kab. Solok Selatan - 24/07/2014 02:13 WIB WIB

Polisi Imbau Pemudik Waspadai Pasar Tumpah..