Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Kab. Solok Selatan - 28/05/2013 06:58 WIB

Kasus Kecelakaan Jalan Raya di Solok Selatan Turun

Ilustrasi. (Antara)

Ilustrasi. (Antara)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Jumlah kasus kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat pada periode Januari-Mei 2013 menurun jika dibandingkan periode yang sama pada 2012, dari 28 kasus menjadi 17 kasus.

Kapolres Solok Selatan AKBP Djoko Trisulo melalui Kepala Satuan Lalu Lintas Iptu Adhi Jais yang didampingi Kepala Unit Kecelakaan lalu Lintas Aiptu Benizar di Padang Aro, Selasa, mengatakan, berdasarkan data hingga Mei 2013 jumlah kecelakaan lalu lintas di kabupaten itu sebanyak 17 kasus sedangkan pada periode Januari-Mei tahun 2012 mencapai 28 kasus.

Selain itu, kata dia, jumlah kerugian materi tahun ini juga menurun dibandingkan 2012 yaitu 2013 sebanyak Rp65,8 juta sedangkan di tahun lalu mencapai Rp166 juta periode Januari-Mei.

"Akan tetapi jumlah angka korban meninggal dalam kecelakaan lalu lintas tahun ini naik dibandingkan 2012," katanya.

Dia mengungkapkan, jumlah korban meninggal dalam kecelakaan lalu lintas hingga Mei 2013 sudah tujuh orang, sementara pada 2012 periode Januari-Mei enam orang.

Sedangkan untuk korban lain tahun ini, katanya, jumlah korban luka berat 12 orang dan luka ringan 11 orang. Pada tahun 2012 periode Januari-Mei korban luka berat 11 orang dan luka ringan 35 orang.

Dalam menekan kasus kecelakaan lalu lintas serta mencegah bertambahnya korban jiwa kepolisian sudah melakukan berbagai upaya, seperti sosialisasi dan razia.

"Kita melakukan sosialisasi melalui spanduk dan berbagai razia supaya pengguna kendaraan lebih tertib berlalu lintas untuk menekan angka kecelakaan dan kematian," katanya.

Dikatakannya, empat dari tujuh kecamatan yang ada di daerah itu merupakan daerah rawan kecelakaan lalu lintas, meliputi Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Sungai Pagu, Pauah Duo dan Sangir.

Berdasarkan data 2013, katanya, korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas di Solok Selatan paling banyak di Kecamatan Sangir yaitu di Gunung Pasir dua orang dan Padang Aro satu orang.

Selanjutnya di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh yang kasus kecelakaannya hanya dua sedangkan korban meninggalnya juga dua orang dan Pauah Duo serta Sungai Pagu masing-masing terdapat satu korban jiwa.

"Korban meninggal tersebut lebih banyak karena kecelakaan kendaraan roda dua dan mereka rata-rata tidak memakai perlengkapan berkendaraan," katanya.

Dia mengimbau, masyarakat di daerah itu yang berkendara supaya mematuhi semua peraturan yang ada serta memakai perlengkapan seperti helm untuk roda dua dan sabuk pengaman roda empat. (**/rik/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Lulus PTN Jadi Acuan Penghargaan UN

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Solok Selatan - 19/04/2014 08:31 WIB WIB

KPU Solok Selatan Batalkan Pemilihan Ulang..


Kab. Solok Selatan - 18/04/2014 05:59 WIB WIB

KPU Gelar Pemilu Ulang di 11 TPS..