Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Ultah ANTARA 77
Berita

Kab. Solok Selatan - 11/06/2013 03:10 WIB

BPBD: Warga Waspadai Angin Kencang

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat Hamudis mengimbau warga setempat mewaspadai cuaca ekstrem, terutama angin kencang yang melanda daerah itu sejak Selasa pagi.

"Berdasarkan perkiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) seluruh sumbar hanya berpotensi hujan ringan hingga sedang tetapi sejak pagi malah angin kencang. Masyarakat harus lebih waspada terhadap pohon yang berpotensi tumbang," kata Hamudis di Padang Aro, Selasa.

Dia mengatakan, kecepatan angin yang melanda daerah itu masih diambang normal dan bukan angin puting beliung.

Dia meminta kebiasaan masyarakat di daerah itu menanam tanaman tua terutama pohon kelapa dan durian di sekitar rumah perlu dihilangkan.

Hal ini, imbuhnya, karena pohon yang berumur tua ini berpotensi apabila terjadi angin kencang.

Ia menyebutkan, untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakt agar tidak menanam pohon besar di sekitar rumah, BPBD akan mencoba bekerjasama dengan Dinas Pertanian.

"Kita akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian untuk mensosialisasikan pada masyarakat supaya tidak menanam pohon tua di sekitar permukiman karena sangat berbahaya," katanya.

Sedangkan untuk masyarakat yang memiliki pohon besar dn tinggi di sekitar rumahnya, agar melaporkan kepada BPBD untuk ditebang.

"Hingga sekarang BPBD sudah mendapat laporan pohon yang berada di sekitar permukiman sebanyak 400 pohon dan sudah dilakukan penebangan sebanyak 170," kata dia.

Untuk melakukan penebangan ini, sebutnya, ketersediaan biaya menjadi kendala utama sebab setiap pohon ditebang oleh masyarakat yang sudah ahli dengan biaya perpohonnya Rp175 ribu.

Dia menambahkan, cuaca ekstrem memang sangat mungkin terjadi pada pertengahan tahun karena merupakan masa transisi dari musim hujan ke panas. (**/rik)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Solok Selatan - 20/12/2014 03:54 WIB WIB

Solok Selatan Raih Emas Pertama dari Panahan..


Kab. Solok Selatan - 20/12/2014 09:53 WIB WIB

Tim Dayung Padang dan Agam Dicoret..