Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Ultah ANTARA 77
Berita

Kab. Solok - 14/04/2011 06:01 WIB

Rosihan Anwar, Sosok yang Peduli pada Kampung Halaman

Masjid Al-Falah, Kubang Nan Duo yang pembangunannya dipelopori Rosihan Anwar

Masjid Al-Falah, Kubang Nan Duo yang pembangunannya dipelopori Rosihan Anwar

Berita lainnya Baca juga

Solok, (Antara Sumbar) – Kepergian tokoh pers nasional, Rosihan Anwar untuk selamanya membawa duka seluruh rakyat Indonesia, termasuk masyarakat di Jorong Kubang Nan Duo, Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Seluruh masyarakat di Kubang Nan Duo, tak kuasa menahan haru begitu mendengar kabar duka meninggalnya mantan Ketua PWI Pusat. Bagi masyarakat setempat, Rosihan Anwar termasuk tokoh yang dikagumi. Bukan hanya karena perannya dalam memajukan bangsa dan Negara, namun juga karena Rosihan Anwar memiliki kepedulian tinggi terhadap daerah tempat kelahirannya.

Pada 1996 lalu, pria kelahiran 10 Mei 1922 itu mempelopori pembangunan berdirinya Masjid Al-Falah Kubang Nan Duo. Saat itu Rosihan Anwar membantu sejumlah material bangunan senilai Rp 100.000.

“Saat ini masjid tersebut berdiri megah dan telah dimanfaatkan masyarakat untuk Shalat serta kegiataan keagamaan dan sosial lainnya,” kata Ketua Badan Musyawarah Nagari (BMN) Nagari Sirukam, Y. Amril kepada antara-sumbar.com, Kamis (14/4).

Hal senada juga disampaikan tokoh pemuda Kubang Nan Duo, Nofriman. Menurutnya, dia mengetahui secara pasti kepedulian Rosihan Anwar terhadap daerah kelahirannya saat tinggal di Jakarta. Saat Nof aktif dalam berbagai kegiatan Ikatan Warga Sirukam (Wrasi), Rosihan Anwar termasuk tokoh yang aktif membina organisasi tersebut

“Beliau seringkali memberikan masukan, pertimbangan dan nasihat kepada kita dalam menjalankan organisasi ini dan mendorong kita untuk berbuat banyak terhadap kampung halaman,” jelasnya haru sambil menonton televisi yang menyiarkan kabar duka meninggalnya Rosihan Anwar.

Dijelaskan Nof, Anwar, orang tua Rosihan Anwar menjabat Demang (setingkat Camat) di kawasan Sirkam saat kelahiran Rosihan Anwar. Anwar berasal dari Kabupaten Agam, Sumatera Barat, sementara istrinya berasal dari Kabupaten Sijunjung.

“Secara kultur minang, Rosihan Anwar sebenarnya orang Kabupaten Sijunjung, namun karena dilahirkan di sini (Kubang Nan Duo, red) Rosihan Anwar mengakui dirinya orang Kubang Nan Duo,” jelas Nof.

Ia juga mengatakan, Rosihan Anwar dilahirkan di rumah dinas demang di Kubang Nan Duo. Sejak kecil hingga usia belasan tahun, Rosihan Anwar tinggal di Kubang Nan Duo hingga Rosihan menamatkan Sekolah Rakyat (SR). Namun ketika orang tuanya pindah tugas ke Jakarta, Rosihan Anwar dibawa keluarganya sehingga sekolah SMP dan SMAnya ditamatkan di Jakarta.

Kabar duka wafatnya Rosihan Anwar, juga datang dari Asrul Tanjung, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok. Asrul Tanjung yang juga merupakan Putra Kubang Nan Duo mengaku tidak pernah mengenal dari dekat sosok Rosihan Anwar karena saat dirinya lahir dan besar di Kubang Nan Duo, Rosihan Anwar telah menetap di Jakarta.

Tak heran dia hanya mengetahui peran kiprah dan Rosihan Anwar dari cerita-cerita tokoh masyarakat Kubang Nan Duo serta dari informasi yang sering diberitakan media cetak dan elektronik. “Dari kedua informasi ini kita mengetahui bagaimana ketokohan sosok Rosihan Anwar,” Akunya.

Untuk itu Asrul Tanjung mengajak masyarakat Kubang Nan Duo dan masyarakat Kabupaten Solok lainnya untuk meneladani sikap dan kepribadian Rosihan Anwar.

“Meski saat ini beliau tidak ada lagi, namun kita mesti mewarisi dan meneladani sikap dan kepribadian beliau,” katanya. (aur)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Solok - 19/12/2014 10:52 WIB WIB

Siswa SDN 11 Gantung Ciri Solok Ikuti Senam Otak..


Kab. Solok - 19/12/2014 08:04 WIB WIB

Bupati Solok: Kemiskinan Merupakan Permasalahan..