Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Idul Adha 1435H
Berita

Kab. Solok - 02/11/2012 06:56 WIB

Pemkab Solok Kesulitan Bubarkan Koperasi Tidak Aktif

Arosuka, Sumbar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat kesulitan membubarkan koperasi tidak aktif yang tidak jelas pengelolaan keuangannya.

"Untuk membubarkan sebuah koperasi, sesuai aturannya terlebih dahulu semua yang menyangkut keuangan harus diselesaikan, baik dengan pengurus maupun anggota koperasi," kata Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Solok Djalinir Djamaluddin di Arosuka, Jumat (2/11).

Menurut dia, pada umumnya koperasi yang tidak aktif terkendala dengan pengelolaan keuangan, baik dana sumbangan anggota maupun dana bantuan pemerintah.

"Karena amburadulnya pengelolaan keuangan, koperasi tidak bisa melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT), secara otomatis tidak bisa aktif lagi," ujarnya.

Dia menjelaskan, bantuan pemerintah kepada koperasi yang saat ini tidak aktif tersebut, seperti Kredit Usaha Tani (KUT), bersifat pinjaman yang seharusnya dikembalikan lagi kepada pemerintah.

Namun yang terjadi kata dia, banyak koperasi sudah aktif namun belum mengembalikan dana KUT sehingga pihaknya tidak bisa membubarkannya.

"Bagaimana mungkin kita bisa membubarkannya sementara dana tersebut belum dikembalikan," katanya.

Djalinir menyebutkan, sekitar 50 persen koperasi di Kabupaten Solok saat ini tidak aktif, dari 145 koperasi yang ada di daerah penghasil buah markisa tersebut, hanya sebanyak 73 koperasi yang masih menjalankan aktivitas sesuai ketentuan.

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 27 koperasi tidak aktif semenjak beberapa tahun terakhir ini, dan sebanyak 45 koperasi setengah aktif," katanya.

Dia menjelaskan, salah satu faktor penyebab banyaknya koperasi yang tidak aktif tersebut adalah kesalahan manajemen terutama soal pengelolaan keuangan sehingga tidak bisa menyelenggarakan RAT. (**/lif/wij)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Solok - 19/10/2014 09:14 WIB WIB

118 Jamaah Haji Babupaten Solok Kembali..


Kab. Solok - 19/10/2014 08:03 WIB WIB

Kebakaran di Sukarami, Pemilik Rumah Terbakar..