Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Ultah ANTARA 77
Berita

Kab. Solok - 09/04/2013 08:21 WIB

KPU Kabupaten Solok Buka Pendaftaran

Arosuka, (Antara Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok , membuka pendaftaran bagi calon anggota legislatif DPRD setempat untuk Pemilu 2014.

“Pembukaan itu diumumkan kepada masyarakat dan partai politik di daerah itu melalui Pengumuman 50/KPU-Kab-00344951/IV/2013,“ kata Divisi Teknis Penyelengaraan dan Perencanaan KPU Kabupaten Solok Nidia Anggreni Das di Arosuka Selasa.

Dikatakanya, pengumuman ini dalam rangka memenuhi ketentuan Pasal 13 Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2013, dan sesuai jadwal yang ditetapkan Peraturan KPU mengenai tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2014.

Karena itu, KPU Kabupaten Solok memberitahukan kepada parpol di tingkat kabupaten itu dan masyarakat umum, bahwa pendaftaran caleg anggota DPRD Kabupaten Solok pada Pemilu 2014 telah dibuka.

Pendaftaran bakal caleg dilaksanakan 9 sampai 22 April 2013 bertempat di Kantor KPU setempat.

Adapun ketentuan bagi bakal yakni warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan, telah berumur 21 tahun atau lebih, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertempat tinggal di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, cakap berbicara, membaca dan menulis dalam Bahasa Indonesia.

Lalu, berpendidikan paling rendah tamat Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Kejuruan, Madrasah Aliyah Kejuruan, atau pendidikan lain yang sederajat, ujarnya.

Dikatakannya, bakal caleg juga wajib setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Selain itu, tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih.

Syarat lainnya, sehat jasmani dan rohani, terdaftar sebagai pemilih, bersedia bekerja penuh waktu, mengundurkan diri sebagai kepala daerah, wakil kepala daerah, pegawai negeri sipil, anggota TNI, anggota Polri, direksi, komisaris, dewan pengawas dan karyawan pada BUMN atau BUMD yang dinyatakan dengan surat pengunduran diri yang tidak dapat ditarik kembali.

Bakal caleg juga harus bersedia untuk tidak berpraktik sebagai akuntan publik, advokat/pengacara, notaris, pejabat pembuat akta tanah (PPAT) atau tidak melakukan pekerjaan penyedia barang dan jasa yang berhubungan dengan keuangan negara.

Lalu, bersedia untuk tidak merangkap jabatan sebagai pejabat negara lainnya, direksi, komisaris, dewan pengawas dan karyawan pada BUMN atau BUMD serta badan lain yang anggarannya bersumber dari keuangan negara. (cpw9/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Solok - Hari ini, jam 08:04 WIB WIB

Bupati Solok: Kemiskinan Merupakan Permasalahan..


Kab. Solok - 17/12/2014 10:25 WIB WIB

Pecatur Amli Persembahkan Medali Emas Pertama..