Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Kab. Solok - 14/05/2013 08:50 WIB

Pemkab Solok Bangun Bak Kontrol Penampungan Air

Jalan raya rusak parah (ilustrasi)

Jalan raya rusak parah (ilustrasi)

Arosuka, Sumbar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat akan membangun bak kontrol pada setiap titik penambangan bahan galian C sebagai solusi untuk mengatasi kerusakan jalan raya akibat penambangan ilegal yang marak terjadi di daerah itu.

"Pembuatan bak kontrol ini bertujuan untuk menampung air yang timbul akibat penambangan bahan galian C, dimana selama ini air itu mengalir ke badan jalan raya sehingga mengalami rusak parah," kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Deni Prihatni di Arosuka, Selasa.

Dia mengatakan, di daerah itu terdapat sebanyak 31 titik lokasi penambangan bahan galian C, dan lebih kurang sepanjang 15 km jalan raya di Alahan Panjang - Aia Dingin Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok mengalami kerusakab yang cukup parah akibat penambangan itu.

Sebanyak 31 titik penambangan bahan galian C itu dilakukan sekitar 1.000 KK, dan setiap KK terdiri dari lima orang, artinya lebih kurang 5.000 orang warga Lembah Gumanti menggantungkan mata pencaharian kepada bahan galian C tersebut.

Untuk menghindari kerusakan terhadap fasilitas umum dan mencarikan jalan keluar bagi masyarakat yang mencari kehidupan di penambangan itu, Pemkab Solok sudah mengadakan pertemuan dengan kelompok masyarakat itu.

"Dari pertemuan itu telah ditemukan solusi untuk mengatasinya yakni dengan membangun bak kontrol pada setiap titik penambangan bahan galian C sehingga tidak mengganggu mata pencaharian masyarakat setempat,"katanya.

Pertemuan antara Pemkab Solok dengan kelompok-kelompok masyarakat yang melakukan penggalian tersebut diikuti Camat, Muspika, Kapolsek, Wali Nagari, Wali Jorong yang ada di Kecamatan Lembah Gumanti.

Dia menambahkan, jalan keluar itu juga disetujui kalangan masyarakat yang melakukan penambangan, dan mendukung rencana pemerintah setempat untuk membangun bak penampungan air tersebut.

"Mereka menyetujui hasil pertemuan, bahkan mereka mau mambuat surat perjanjian untuk mematuhi," tutup dia. (**/cpw9)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Lulus PTN Jadi Acuan Penghargaan UN

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Solok - 15/04/2014 07:05 WIB WIB

Pelaksanaan UN Hari Kedua Berjalan Lancar..


Kab. Solok - 15/04/2014 01:44 WIB WIB

Disdukcapil Tempatkan Petugas Teknis Pada Setiap..