Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Ultah ANTARA 77
Berita

Kab. Tanah Datar - 23/08/2012 04:00 WIB

IPSI Tanahdatar Gelar "Galanggang Siliah Baganti" III

Bupati Tanahdatar M. Shadiq Pasadigoe membuka kegiatan pencak silat Galanggang Siliah

Bupati Tanahdatar M. Shadiq Pasadigoe membuka kegiatan pencak silat Galanggang Siliah Baganti (GSB) III tingkat nagari se-Kabupaten Tanahdatar di Nagari Sungai Tarab. (ANTARA SUMBAR)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Tanahdatar, Sumatera Barat, menggelar Galanggang Siliah Baganti (GSB) III tingkat nagari se-Kabupaten Tanahdatar di Nagari Sungai Tarab, 23-25 Agustus 2012.

"Pemerintah daerah memberikan apresiasi yang tinggi terselenggaranya kegiatan ini sebagai upaya mengembangkan dan melestarikan olahraga silat tradisional orang Minangkabau," kata Bupati Tanahdatar M. Shadiq Pasadigoe saat membuka GSB III, Kamis.

Ia mengharapkan pembinaan dan pengembangan olahraga silat di Luhak Nan Tuo mampu melahirkan manusia cerdas, sportif, ksatria, berkualitas, dan bermartabat dengan menjunjung tinggi nilai adat dan budaya.

Selain itu, tambahnya, iven GSB bukan hanya sekedar arena pertandingan dan pertunjukan silat tetapi dapat menjadi ajang pertemuan para tokoh silat dan tuo-tuo silat tradisional dalam merumuskan langkah pelestarian silat tradisional Minangkabau.

"Dengan terus digelarnya kegiatan ini, mudah-mudahan generasi muda dapat mengetahui keberadaan sasana silat yang pernah berjaya seperti silat Kumango, silat Lintau, silat Tuo, silat Sitaralak dan lainnya," ucapnya.

Ketua IPSI Tanahdatar Amigo Rinaldi mengatakan tema yang diambil pada GSB II ini adalah meletarikan silek sebagai warisan budaya Luhak Nan Tuo di setiap nagari.

Ia menyebutkan, silat tradisional Minangkabau cukup spesifik dibanding daerah lain. Silat Minangkabau banyak diminati masyarakat di luar daerah Minangkabau dan luar Indonesia.

"Orang luar negeri banyak belajar silat Minangkabau karena memiliki gerakan yang indah dan artistik, beretika serta saling menghargai baik kawan maupun lawan," kata anggota DPRD Tanahdatar ini.

Untuk itu sebagai daerah asal pengembangan silat Minangkabau, Tanahdatar akan terus menggelar GSB tingkat nagari dalam upaya melestarikan adat dan budaya orang Minangkabau tersebut.

Ketua Panitia Hardi Siswan mengatakan pada GSB III ini diikuti sebanyak 500 pesilat yang berasal dari perguruan silat yang ada di Tanahdatar.

Ia menyebutkan, ada enam kategori pertandingan dalam GSB ini mulai dari tingkat pemula (sekolah dasar), pra remaja (SLTP), remaja (SLTA), pradewasa, dewasa, dan penampilan tuo silek.

Ikut hadir pada acara pembukaan GSB III ini, Anggota DPRD Sumbar Arkadius, Ketua KONI Asrul Nurhasan, Camat Syahril, unsur Muspika dan walinagari se-Tanahdatar. (fan)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Tanah Datar - 19/12/2014 11:06 WIB WIB

Bupati Ingatkan SKPD Laksanakan Program Sesuai..


Kab. Tanah Datar - 19/12/2014 10:56 WIB WIB

Walijorong se-Tanahdatar Dapat Kendaraan Dinas..