Berita harian sumbar terkini update terlengkap

pt Angkasa Pura
Berita

Kab. Tanah Datar - 15/10/2012 09:22 WIB

Pemilik Kios Pertamini Dituntut 1 Tahun Penjara

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Pemilik kios eceran premium di Nagari Pagaruyung, Kabupaten Tanahdatar, Sumatera Barat, Azwardi (45), yang menjadi terdakwa kasus terbakarnya kios premium tersebut dan mobil pemadam kebakaran pemda setempat, dituntut pidana penjara selama satu tahun dengan masa percobaan dua tahun.

"Terdakwa dinyatakan bersalah karena tidak memiliki izin usaha, sehingga tempat usaha tersebut menyebabkan kebakaran yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia," kata Jaksa Penuntut Umum Muhamad Bimo saat membacakan tuntutan di Pengadilan Negeri Batusangkar, Senin.

Ia menyebutkan, terdakwa dinyatakan bersalah sebagaimana diatur dan diancam pidana Pasal 53 Undang-Undang No. 22 tahun 2011 tentang minyak dan gas bumi (Migas).

Terdakwa selain dituntut pidana penjara, juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp200 juta subsider tiga bulan kurungan penjara.

Ia menjelaskan peristiwa kebakaran terjadi pada Senin, 7 Mei 2012 sekira pukul 18.30 WIB di Jorong Padang Datar, Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas.

Peristiwa tersebut berawal dari proses pemadaman kios eceran premium milik terdakwa yang mengalami kebakaran.

Ketika petugas pemadam kebakaran menyemprotkan air ke dalam slang pertamini, bensin yang ada di dalamnya menyembur keluar dan mengenai mobil pemadam kebakaran yang mesinnya masih menyala.

Saat itulah, terjadi ledakan karena api membesar akibat bensin bercampur air yang mengalir di jalan dan membakar mobil serta kios pertamini.

Akibat kebakaran itu, 11 orang meninggal dunia dan 46 orang lainnya menderita luka bakar.

Usai pembacakan tuntutan, terdakwa langsung menyampaikan pembelaan secara lisan. Ia meminta dibebaskan dari hukuman, karena usahanya untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan bakar minyak jenis premium.

Majelis hakim yang dipimpin Dwi Yanto didampingi David Pangabean dan Dewi Yanti, akhirnya menunda sidang pada Senin (22/10) untuk pembacaan vonis. (fan)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Tanah Datar - 21/11/2014 05:42 WIB WIB

34 Siswa Ikuti Khatam Al Quran MTsN Sumanik..


Kab. Tanah Datar - 21/11/2014 05:29 WIB WIB

Residivis Hujam Pedagang Bakso Delapan Tusukan..