Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Kab. Tanah Datar - 27/02/2013 05:43 WIB

KPU Tanahdatar Gelar Konsultasi Publik Penataan Dapil

Rapat konsultasi publik yang digelar KPU Tanahdatar, di Aula Eksekutif Kantor Bupati

Rapat konsultasi publik yang digelar KPU Tanahdatar, di Aula Eksekutif Kantor Bupati Tanahdatar. Rapat ini menghimpun masukan dan saran sebagai bahan pertimbangan menetapkan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi. (antarasumbar.com)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tanahdatar, Sumatera Barat menggelar konsultasi publik dalam menghimpun masukan dan saran sebagai bahan pertimbangan menetapkan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursinya.

"Konsultasi publik ini bertujuan untuk mewujudkan daerah pemilihan dengan keterwakilan penduduk sehingga tercipta pengalokasian kursi yang seimbang dan merata," sebut Ketua KPU Tanahdatar Sondri saat membuka rapat koordinasi konsultasi publik di Pagaruyung, Rabu.

Ia menyebutkan, penyusunan daerah pemilihan anggota DPRD provinsi, kabupaten/kota pada Pemilu 2014 sesuai amanat Undang-Undang No. 8 tahun 2012, tidak semata-mata menghilangkan dapil yang berkursi lebih dari 12, tapi menyesuaikan perkembangan jumlah penduduk, perubahan geografi, dan perkembangan wilayah administrasi pemerintahan.

"Penyusunan kembali dapil tidak bisa dilakukan hanya berpijak pada Pemilu sebelumnya, tapi harus dimulai dari awal sesuai undang-undang dan prinsip Pemilu demokratis," katanya.

Ia menjelaskan, dalam penyusunan dapil berdasarkan Peraturan KPU No.05 tahun 2013 harus memperhatikan beberapa prinsip yakni kesetaraan nilai suara antar dapil, ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, integritas wilayah, cakupan wilayah yang sama, memperhatikan sejarah, sosial, budaya, adat istiadat, dan kelompok minoritas.

Sementara itu, Komisioner KPU Tanahdatar Divisi Teknis Alni mengatakan, jumlah penduduk Kabupaten Tanahdatar berdasarkan DAK2 sebanyak 386.961 orang yang tersebar di 14 kecamatan, sehingga alokasi kursi anggota DPRD sebanyak 35 orang.

KPU Tanahdatar, tambahnya, telah merancang penyusunan dapil dan penghitungan alokasi kursi setiap dapil dengan tiga alternatif.

Alternatif pertama sebanyak lima dapil terdiri dari Dapil 1 Kecamatan X Koto, Batipuh, dan Batipuh Selatan dengan delapan kursi, Dapil 2 Kecamatan Pariangan dan Rambatan dengan enam kursi.

Dapil 3 Kecamatan Salimpaung, Tanjung Baru, dan Sungai Tarab dengan tujuh kursi, Dapil 4 Kecamatan Limo Kaum, Padang Ganting, dan Tanjung Emas dengan tujuh kursi, dan Dapil 5 Kecamatan Sungayang, Lintau Buo, dan Lintau Buo Utara dengan tujuh kursi.

Alternatif kedua sebanyak empat dapil terdiri dari Dapil 1 Kecamatan X Koto, Batipuh, dan Pariangan dengan sembilan kursi, Dapil 2 Kecamatan Sungai Tarab, Salimpaung, Tanjung Baru, dan Sungayang dengan delapan kursi.

Dapil 3 Kecamatan Tanjung Emas, Padang Ganting, Lintau Buo, dan Lintau Buo Utara dengan sembilan kursi, dan Dapil 4 Kecamatan Rambatan, Batipuh Selatan, dan Limo Kaum dengan sembilan kursi.

Dan alternatif ketiga sebanyak lima dapil terdiri Dapil 1 Kecamatan X Koto, Batipuh, dan Batipuh Selatan dengan delapan kursi, Dapil 2 Kecamatan Pariangan dan Rambatan dengan enam kursi. Dapil 3 Kecamatan Salimpaung, Tanjung Baru, Sungayang dan Sungai Tarab dengan delapan kursi, Dapil 4 Kecamatan Limo Kaum, Padang Ganting, dan Tanjung Emas dengan tujuh kursi, dan Dapil 5 Kecamatan Lintau Buo dan Lintau Buo Utara dengan lima kursi.

Dari tiga alternatif dapil dan alokasi kursi tersebut, peserta rapat konsultasi publik yang berasal dari sembilan pimpinan partai politik, tokoh masyarakat, organisasi massa, dan pemerintah daerah, sepakat memilih alternatif kedua, dimana jumlah dapilnya sama dengan Pemilu 2009.

Ikut hadir dalam rapat konsultasi publik tersebut Komisioner KPU Tanahdatar M. Yuner, Afrianto Korga dan Anita Yenni, Ketua Panwaslu Nazmi, Kepala Kantor Kesbangpol Abrar, Kepala Dinas Dukcapil Azwar Rabain, anggota Polres dan Kodim Tanahdatar. (**/fan/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

3000 Aparat Amankan Daerah Rawan Macet

PERSPEKTIF

Puasa dan Piala Dunia 2014

A.R. Loebis Oleh: A.R. Loebis

Babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 di Brazil sudah selesai digelar dan ada hikmahnya bagi pemain Iran dan Bosnia-Herzegovina yang tidak lolos ke..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Tanah Datar - 25/07/2014 03:00 WIB WIB

Pemkab Tanadatar Ajak Warga Shalat Istisqa..


Kab. Tanah Datar - 24/07/2014 02:10 WIB WIB

Sebanyak 1.500 Perantau Tanahdatar Mudik Lebaran..