Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Nasional - 29/10/2012 02:34 WIB

Masalah Gizi Anak Persoalan Kompleks

Ilustrasi seorang bayi diukur lingkaran kepalanya. (ANTARA)

Ilustrasi seorang bayi diukur lingkaran kepalanya. (ANTARA)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Masalah gizi anak bukan hanya masalah kesehatan saja tetapi mencakup persoalan kompleks yang bersinggungan dengan bidang lain yakni ekonomi, pendidikan, kebudayaan, sosial, dan isu gender yang harus diselesaikan, kata Kasubdit Gizi Mikro Direktorat Gizi Kementerian Kesehatan Dian Dipo.

"Masalah gizi adalah masalah kompleks yang tidak bisa diselesaikan dari satu sisi saja," kata Dian Dipo terkait kerja sama pemerintah Indonesia, UNICEF dan Uni Eropa dalam menghadapi tantangan gizi anak-anak Indonesia di Jakarta, Senin.

Kemitraan pemerintah Indonesia, UNICEF dan Uni Eropa dalam mengatasi masalah gizi anak menunjukkan kemajuan terkait kekhawatiran terhambatnya pertumbuhan tinggi badan di kalangan anak-anak Indonesia yang tidak sesuai dengan usianya.

Pada 2011, sebanyak hampir 500 petugas kesehatan, bidan, ahli gizi dan relawan telah mendapatkan manfaat dari pelatihan khusus mengenai pemahaman penyebab terhambatnya pertumbuhan tinggi badan pada anak serta langkah-langkah efektif yang dapat dilakukan keluarga dalam merawat anak-anak mereka yang masih dalam tahap pertumbuhan.

Pelaksanaan kegiatan yang meliputi peningkatan sarana kebersihan, promosi pemberian ASI yang baik dan pemantauan status gizi anak telah dilakukan di beberapa desa di Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Timur.

Sementara Kepala Pengembangan Kerjasama Uni Eropa di Indonesia Erik Habers menggarisbawahi bahwa pengurangan gizi buruk adalah prioritas utama Uni Eropa. Hal ini karena Uni Eropa yang memiliki keterlibatan yang besar dalam perang global melawan gizi buruk dan mekanisme koordinasi untuk percepatan perbaikan gizi.

Uni Eropa telah mengucurkan dana sebesar 20 juta Euro kepada UNICEF untuk mengatasi masalah kekurangan gizi di kawasan Asia. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - Hari ini, jam 08:55 WIB WIB

Epyardi Tiba-Tiba Mundur dari Kandidat Ketum PPP..


Nasional - Hari ini, jam 07:58 WIB WIB

PBSI: Gerakan Angkat Raket Munculkan Bibit Atlet..