Berita harian sumbar terkini update terlengkap

pt Angkasa Pura
Nasional - 07/01/2013 10:44 WIB

Mendikbud: Delapan LPTK Masuk "Daftar Hitam"

Muhammad Nuh. (ANTARA)

Muhammad Nuh. (ANTARA)

Jambi, (Antara Sumbar) - Sebanyak delapan Lembaga Pelatihan Tenaga Kependidikan masuk "daftar hitam " karena terbukti melakukan kecurangan saat melaksanakan ujian sertifikasi guru, kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh.

"Kita sudah masukkan mereka dalam 'daftar hitam' sehingga tahun ini mereka tidak bisa lagi melakukan uji sertifikasi pada guru," kata Nuh kepada pers di Jambi, Senin.

Nuh berada di Jambi untuk kunjungan kerja yang diisi dengan silaturahim dengan kepala sekolah dan guru se-Jambi serta menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Jambi dalam rangka memperingati hari jadi ke-56 provinsi itu.

Dikatakan Nuh, saat ini ada puluhan Lembaga Pelatihan Tenaga Kependidikan (LPTK) di seluruh Indonesia dan diketahuu delapan masuk "daftar hitam".

Nuh tidak bersedia menyebutkan nama LPTK yang masuk dalam "daftar hitam" , dengan alasan tidak etis sekalipun nanti ada waktunya untuk diumumkan.

Namun demikian Mendikbud mengatakan bahwa LPTK tersebut berada di Jakarta, Jawa dan Sumatera serta ada yang berstatus negeri dan swasta.

Delapan LPTK yang masuk daftar hitam itu, katanya, dalam menjalankan uji sertifikasi diketahui tidak serius, seperti tidak menjalankan seluruh ketentuan ujian yang ditentukan.

"Keseriusan dalam pelaksanaan yang dilanggar misalnya ada sembilan hari ujian tapi pelaksanaan tidak sampai sembilan hari, juga ujian terdiri dari 10 item juga tidak dijalankan," katanya.

Dia menegaskan, jika kecurangan tersebut dibiarkan maka bukan tidak mungkin lembaga tersebut akan dibisniskan yang pada akhirnya menjadi tidak baik.

Sesuai ketentuan semua guru harus memiliki sertifikat profesi dan kalau sudah berhak dapat tunjangan guru. Yang untuk PNS sebesar satu kali gaji pokok dan non PNS sebesar 1,5 kali gaji pokok.

Untuk mendapat sertifikat guru harus mengikuti program sertifikasi yang diadakan oleh LPTK. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - Hari ini, jam 04:00 WIB WIB

Tokopedia Incar 1.000 Pegawai Baru..


Nasional - Hari ini, jam 03:59 WIB WIB

Menag: Hanya yang Belum Haji Diberangkatkan 2015..