Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Nasional - 20/02/2013 04:37 WIB

Linda: Keterwakilan Perempuan di Parlemen Sangat Penting

Linda Amalia Sari Gumelar

Linda Amalia Sari Gumelar

Jakarta, (Antara Sumbar) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar mengatakan 30 persen keterwakilan perempuan di parlemen merupakan hal yang sangat penting.

"Keterwakilan perempuan 30 persen di parlemen bukan semata-mata untuk perempuan itu sendiri, melainkan amanat dari RPJMN 2010-2014 dan tujuan Pembangunan Milenium yang harus dicapai pada tahun 2015," kata Linda di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan, dengan semakin banyak perempuan yang berminat menjadi pemimpin politik, maka akan semakin semarak demokrasi yang dibangun dengan pendekatan lebih partisipatif.
Menurut dia, sistem demokrasi yang inklusif akan menjadi tren menuju demokrasi yang lebih ramah terhadap keseimbangan partisipasi gender.

"Saya berharap, keterwakilan perempuan yang akan kita wujudkan pada Pemilu 2014 tidak hanya berhenti pada titik proporsi, tetapi juga pada tahapan keterwakilan substansialnya," katanya.

Menurut dia, untuk meningkatkan jumlah 30 persen keterwakilan perempuan di parlemen pada Pemilu 2014 bukanlah tugas yang ringan.

"Banyak faktor yang mempengaruhi, bukan hanya kesiapan sumberdaya yang tersedia baik SDM dan sarana-prasarananya saja melainkan daya dukung lingkungan politik seperti komitmen pimpinan partai politik, masyarakat pemilih dan media," katanya.

Selain itu, kata dia, untuk membangun kondisi yang memungkinkan berbagai kalangan mendukung caleg perempuan, maka diperlukan pemberian pemahaman pada semua lapisan masyarakat agar mengerti arti pentingnya keterwakilan perempuan di parlemen.

"Sebagian kelompok masyarakat, baik perempuan maupun lelaki memandang kebijakan afirmasi 30 persen perempuan itu tidak perlu bahkan dianggap diskriminatif," katanya.

Sementara itu, USAID Indonesia mendukung kepemimpinan perempuan dalam institusi pendidikan tinggi di Indonesia dengan menggelar lokakarya peran kepemimpinan perem[uan di Yogyakarta (20-21/2) dan Surabaya (21-22/2) yang melibatkan 26 institusi pendidikan tinggi. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Lulus PTN Jadi Acuan Penghargaan UN

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - 16/04/2014 08:58 WIB WIB

Pemancangan Pelabuhan Industri Aluminium Bintan..


Nasional - 16/04/2014 08:43 WIB WIB

Partisipasi Pemilih di Tiongkok Kurang Memuaskan..