Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Nasional - 28/02/2013 04:26 WIB

Golkar Tidak Rekrut Caleg dari Luar

Jakarta, (Antara Sumbar) - Wakil Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Fadel Muhammad mengatakan bahwa Golkar tidak akan merekrut calon anggota legislatif (caleg) dari luar partai karena lebih mengutamakan kader-kader partainya.

"Kami memberi formulir kepada semua anggota Partai Golkar yang berminat menjadi caleg, tetapi tidak untuk orang dari luar partai karena kader kami sendiri saja masih antre," kata Fadel saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, para kader yang telah mendaftar untuk menjadi caleg harus mengikuti tahapan seleksi dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh Partai Golkar.

Tahap pertama, kata dia, para bakal caleg tersebut harus mengikuti pendidikan fungsionaris yang diadakan partai, yaitu berupa pelatihan untuk menjadi kader yang sesuai dengan visi dan misi partai itu.

Pada tahap kedua, tim seleksi akan memilih beberapa nama dari para kader yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan untuk dikirim ke daerah.

"Kami mengirim suatu daftar yang berisi enam hingga tujuh nama yang sudah dipilih untuk satu dapil (daerah pemilihan-red). Kemudian, tim seleksi di daerah juga bisa menambah atau mengurangi nama-nama yang ada dalam daftar tersebut," jelasnya.

Pada tahap selanjutnya, diadakan survei dan penilaian mengenai kualitas dan kompetensi dari para kader yang terpilih sementara untuk menjadi caleg Golkar.

"Dari hasil survei dan penilaian, tim seleksi dari 77 dapil akan mengadakan diskusi untuk menentukan siapa saja yang patut maju sebagai caleg Golkar dalam pemilu legislatif," ujarnya.

Sementara itu, persyaratan utama yang ditetapkan oleh Golkar bagi para bakal caleg tersebut, menurut dia, adalah bebas dari tindak pidana korupsi dan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba).

"Saya kira semua partai akan menjadikan hal seperti ini, tidak boleh terlibat korupsi dan narkoba, sebagai persyaratan utama," kata Fadel.

Dia menambahkan, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie pun turut serta dalam proses seleksi caleg itu, dimana ketua umum memiliki hak prerogatif untuk menentukan pilihan.

"Ketua umum ikut memilih dan Pak Aburizal memiliki hak prerogatif. Selain itu, dia juga mempunyai diskresi (kebebasan mengambil keputusan sendiri dalam setiap situasi yang dihadapi) sebesar lima persen," ungkapnya.

"Selain itu, kami menyiapkan bagian lima persen untuk para tokoh (dari Golkar) yang ingin menjadi caleg," kata Fadel menambahkan. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - 21/10/2014 07:44 WIB WIB

Kenaikan BBM Bersubsidi Picu Merangkaknya Biaya..


Nasional - 21/10/2014 07:43 WIB WIB

Din Syamsuddin Apresiasi Pembentukan Kabinet..