Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Nasional - 02/03/2013 06:35 WIB

Inflasi Februari di Luar Dugaan Pemerintah

Denpasar, (Antara Sumbar) - Inflasi Februari 2013 yang mencapai 0,75 persen di luar dugaan pemerintah, kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di Denpasar, Sabtu.

"Saya memperkirakan pada waktu itu inflasi sepertinya agak tinggi, tapi inflasi 0,75 persen ini agak sedikit di luar perkiraan," kata Hatta usai menghadiri Rakornas DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Menurut Hatta, Januari hingga Februari merupakan musim paceklik yang akan menyebabkan kenaikan inflasi. Namun adanya kenaikan inflasi di atas perkiraan tersebut, bukan disebabkan karena kenaikan harga beras, tetapi kenaikan harga produk holtikultura.

"Biasanya musim paceklik itu berkaitan dengan beras, tapi kali ini beras sangat stabil, inflasi lebih dipicu produk holtikultura," katanya.

Pihaknya akan melakukan pemantauan terhadap pasokan dan permintaan produk tersebut. Jika permintaan meningkat tajam, maka pihaknya akan berusaha menambah jumlah pasokan. "Ini harus kita perbaiki, harus cepat diatasi," katanya.

BPS mencatat laju inflasi pada Februari 2013 tercatat 0,75 persen, merupakan angka tertinggi dibandingkan bulan yang sama dalam sepuluh tahun terakhir. Sebelumnya, laju inflasi Januari tercatat 1,03 persen sehingga laju tahun kalender mencapai 1,79 persen.

Salah satu penyebab laju inflasi tinggi pada Februari ini karena adanya kebijakan pembatasan impor komoditas holtikultura yang dilakukan pemerintah sehingga menyebabkan kenaikan harga.

Sebelumnya, laju inflasi Februari tertinggi terakhir kali tercatat pada 2002 yang mencapai 1,5 persen. Setelah itu, rata-rata inflasi Februari berada pada angka 0,3 persen, bahkan pada 2012 hanya tercatat sebesar 0,05 persen. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - Hari ini, jam 11:07 WIB WIB

JK: Tidak Ada Perubahan Tanpa Kerja..


Nasional - Hari ini, jam 10:15 WIB WIB

Pendukung Jokowi Minta Hak Prerogatif Presiden..