Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita Duka
Nasional - 14/03/2013 06:09 WIB

Gerindra Seleksi 2.744 Bakal Caleg DPR RI

Partai Gerindra. (Antara)

Partai Gerindra. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Partai Gerakan Indonesia Raya menyeleksi sebanyak 2.744 orang yang mendaftar sebagai bakal calon anggota DPR RI, kata Wakil Sekretaris Jenderal Gerindra Abdul Harris Bobihoe di Jakarta, Kamis.

"Saat ini kami sedang melakukan seleksi terhadap seluruh bakal caleg. Hingga penutupan pendaftaran pada 28 Februari ada 2.744 orang yang mendaftar," kata Bobihoe.

Tahap seleksi yang dilakukan oleh Partai Gerindra adalah tes psikologi dan wawancara, yang melibatkan Ketua Dewan Pembina Prabowo Subianto.

Bobihoe mengatakan dari total pendaftar bakal caleg tersebut, 414 orang diantaranya adalah perempuan, sehingga hal tersebut tidak menyulitkan partai berlambang kepala burung Garuda dalam memenuhi kuota perempuan caleg.

KPU mewajibkan seluruh parpol peserta Pemilu 2014 memenuhi keterwakilan perempuan, sekurang-kurangnya 30 persen, dalam susunan daftar bakal caleg yang diajukan kepada KPU.

"Dalam peraturan, kami sudah buatkan simulasi sebagai pedoman bagi partai politik dalam menyusun daftar bakal caleg, termasuk penempatan kuota perempuan sekurang-kurangnya 30 persen untuk setiap dapil," kata Ketua KPU RI Husni Kamil Manik.

Pemenuhan kuota perempuan tersebut tidak hanya mengacu pada 30 persen dari jumlah keseluruhan caleg dalam satu dapil, tetapi parpol tetap harus memperhatikan penempatan caleg perempuan tersebut.

"Kalau semuanya ditempatkan pada nomor paling bawah, tidak memenuhi syarat sebab sesuai undang-undang, caleg perempuan harus ada, minimal satu orang dalam setiap tiga susunan daftar caleg," jelasnya.

Dalam upaya mendapatkan caleg berkualitas, baik perempuan maupun laki-laki, Partai Gerindra memfokuskan pada tahap wawancara.

"Wawancara dilakukan satu per satu, dari situ baru akan diketahui apakah orang tersebut berkualitas atau tidak," kata Bobihoe.

Dari total bakal caleg yang mendaftar, dia menjelaskan hanya 30 persen yang merupakan kader Partai Gerindra, sementara sisanya merupakan non-kader.

Seleksi bakal caleg Gerindra akan selesai pada akhir Maret, sementara KPU membuka pendaftaran pada 9 April. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - Hari ini, jam 01:47 WIB WIB

Rieke Sesalkan Proses Pemilihan Pimpinan DPR..


Nasional - Hari ini, jam 01:46 WIB WIB

Pemerintah Batasi Produksi Batubara 450 Juta Ton..