Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Ultah ANTARA 77
Nasional - 16/03/2013 08:31 WIB

Kemenag Cabut Izin Biro Perjalanan Haji-Umrah "Nakal"

Suryadharma Ali

Suryadharma Ali

Banjarnegara, (Antara Sumbar) - Kementerian Agama (Kemenag) bakal mencabut izin biro perjalanan ibadah haji dan umrah yang melakukan penipuan sehingga nasib jamaah menjadi terkatung-katung.

"Itu memang problem yang telah terjadi beberapa kali," kata Menteri Agama Suryadharma Ali di Banjarnegara, Sabtu sore.

Menag mengatakan hal itu kepada wartawan usai peletakan batu pertama pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di Pondok Pesantren Tanbihul Ghofilun, Desa Mantrianom, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz dan Ketua Komisi IV DPR RI Mochammad Romahurmuziy.

Lebih lanjut, Suryadharma mengatakan bahwa Kemenag bertindak tegas dengan meminta kepada pihak kepolisian untuk mengusut biro-biro perjalanan haji maupun umrah yang menelantarkan jemaah.

"Ini dilakukan supaya ada efek jera dan tidak terulang lagi pada tahun-tahun berikutnya," kata dia yang juga Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan.

Menurut dia, saat ini, tidak hanya ada biro-biro perjalanan haji yang merugikan jamaah tetapi juga ada perusahaan-perusahaan penyelenggara perjalanan umrah yang merugikan jemaah.

Menyinggung soal langkah yang bakal dilakukan Kemenag, dia mengatakan bahwa pihaknya akan mencabut izin biro-biro perjalanan haji dan umrah yang telah menelantarkan jemaah.

"Kementerian Agama akan mencabut izinnya. Sekali lagi, saya minta kepolisian untuk mengusutnya," kata dia menegaskan.

Sebelumnya, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Provinsi Gorontalo, Elnino Mohi, Rabu (13/3), mengatakan bahwa pihaknya telah meminta pihak Kementerian Agama (Kemenag) untuk menertibkan proses perizinan ibadah umrah dilakukan oleh sejumlah agen perjalanan.

Menurut dia, DPD juga meminta agar pihak Kemenag bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri untuk menghentikan seluruh proses pengurusan umrah, kecuali yang difasilitasi oleh penyelenggara "provider" umrah yang telah mengantongi izin resmi dari pihak Kemenag. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - Hari ini, jam 12:44 WIB WIB

BIG Luncurkan Satu Peta untuk Empat Tematik..


Nasional - Hari ini, jam 12:43 WIB WIB

BPOM Temukan 2.939 Item Pangan Tidak Layak..