Berita harian sumbar terkini update terlengkap

pt Angkasa Pura
Nasional - 24/03/2013 09:06 WIB

SMI: Tender Proyek KA Bandara Akhir 2013

Bogor, (Antara Sumbar) - Perseroan Terbatas Sarana Multi Infrastruktur (SMI) menargetkan pelaksanaan tender proyek Kereta Api Bandara di Jakarta pada akhir 2013 atau awal 2014.

"SMI mendapat penugasan dari pemerintah pusat untuk menyiapkan proyek KA Bandara hingga siap tender," kata Direktur Utama SMI, Emma Sri Martini di Bogor, Minggu (24/3).

Ia menyebutkan keterlibatan SMI dalam proyek tersebut sejak 2011, saat perusahaan itu bertugas membantu penanggung jawab proyek kerja sama (PJPKS), yaitu Kementerian Perhubungan mempersiapkan proyek hingga siap tender.

Menurut Emma, tidak mudah menyiapkan proyek dengan perkiraan biaya sekitar Rp20 triliun tersebut karena banyak pihak yang terlibat mulai dari pemerintah daerah, PT Jasa Marga, hingga PT Angkasa Pura II.

Mengenai implementasi penyiapan proyek itu, Emma menyebutkan saat ini sudah dilakukan penunjukan Konsorsium AECOM untuk melakukan Pre-Feasibility Staged studies (Pre-FS).

"Masa konstruksi akan memakan waktu sekitar tiga hingga empat tahun sehingga tahun 2018 nanti kita sudah bisa naik kereta ke bandara," katanya.

Kereta Api Bandara merupakan KA Ekspres yang menghubungkan bandara dengan kota dan sebaliknya. KA tersebut ditargetkan untuk para penumpang pesawat dengan servis premium dan biaya tinggi.

"Berbeda dengan KA komuter yang memiliki banyak stasiun, KA bandara hanya memiliki stasiun maksimum lima hingga enam saja," kata Emma.

Ia menyebutkan bahwa KA Bandara merupakan kebutuhan mendesak di Jakarta karena dengan KA dapat memindahkan orang dalam jumlah besar.

"Sementara kalau jalan tol selain memindahkan manusia juga memindahkan kendaraan, ini yang membuat jalanan di Jakarta macet," katanya.

Sementara itu, Asisten Deputi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo mengatakan bahwa Jakarta merupakan ibu kota negara yang belum memiliki KA Bandara.

"Penyelenggaraan KA Bandara tidak mungkin hanya mengandalkan penerimaan dari penumpang saja sehingga harus ada penunjangnya," kata Wahyu Utomo yang juga Komisaris PT SMI. (*/wij)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - Hari ini, jam 05:06 WIB WIB

IHSG Rabu Ditutup Menguat 14,09 Poin..


Nasional - Hari ini, jam 05:05 WIB WIB

BPTP Kumpulkan Tanaman Sumber Daya Genetik..