Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Ultah ANTARA 77
Nasional - 18/04/2013 04:59 WIB

Menkes: Imunisasi Melindungi Anak dari Wabah

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi. (Antara)

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengimbau para orang tua untuk memberikan imunisasi bagi bayi mereka agar terhindar dari wabah, kematian, maupun kecacatan.

"Imunisasi tidak membutuhkan biaya besar, bahkan di Posyandu anak-anak mendapatkan imunisasi secara gratis," kata Menkes di Jakarta, Kamis.

Saat ini, ada lima vaksin yang diberikan secara gratis di Posyandu yaitu vaksin Hepatitis B, BCG untuk mencegah TBC, vaksin polio, DPT/HB untuk mencegah difteri, batuk rejan, tetanus serta Hepatitis B lanjutan dan vaksin campak.

Bahkan untuk lebih mempermudah pemberian vaksin, mulai Juli mendatang Kementerian Kesehatan juga menggunakan vaksin pentavalent (DPT/HB/Hib) menggantikan vaksin DPT-HB.

"Pengenalan vaksin baru ini juga dalam rangka mempercepat penurunan angka kematian bayi dan angka kematian ibu untuk pencapaian MDG," kata Menkes.

Saat ini, cakupan imunisasi dasar di Indonesia telah mencapai 87 persen dimana pencapaian cakupan yang lebih besar masih terkendala oleh kondisi geografis Indonesia yang sangat luas.

Sementara itu, Pekan Imunisasi Dunia yang akan diikuti oleh Indonesia melalui Pekan Imunisasi Nasional (PIN) akan diselenggarakan pada 22-27 April.

Kegiatan PIN itu disebut Menkes akan berfokus pada peningkatan cakupan dengan melakukan beberapa hal seperti membuka pelayanan imunisasi di seluruh fasilitas kesehatan, melengkapi imunisasi bagi anak-anak yang belum lengkap imunisasinya melalui kegiatan "Drop Out Follow Up" (DOFU) serta melakukan seminar dan ceramah bagi masyarakat luas.

Program imunisasi sudah terbukti berhasil mengeradikasi penyakit cacar di Indonesia sejak 1976 dan kasus polio liar juga sudah tidak pernah ditemukan lagi sejak 2006.

Selain itu, kematian akibat campak juga mengalami penurunan yang tajam dari sekitar 10.300 kasus (2000) menjadi kurang dari 2.000 kasus (2012).

"Imunisasi juga berhasil menekan angka kematian ibu dan anak yang diakibatkan oleh tetanus menjadi kurang dari satu per 1.000 kelahiran hidup," demikian Menkes. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - Hari ini, jam 10:19 WIB WIB

BNP2TKI Kirim Tim ke Mesir Pulangkan TKI..


Nasional - Hari ini, jam 09:06 WIB WIB

Pengamat: Pendidikan Karakter Perlu Keteladanan..