Berita harian sumbar terkini update terlengkap

pt Angkasa Pura
Nasional - 01/05/2013 07:04 WIB

Mendag: Harga Pangan Stabil Sebelum Kenaikan BBM

Gita Wirjawan

Gita Wirjawan

Jakarta, (Antara Sumbar) - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan kestabilan harga pangan merupakan hal yang harus diwujudkan, sebelum pemerintah menyesuaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

"Kalau harga pangan turun, itu akan menjadi bekal untuk kita mengambil sikap atas kenaikan harga," ujarnya di Jakarta, Selasa.

Gita mengatakan saat ini harga beberapa komoditas pangan mulai menunjukkan penurunan, setelah pada awal tahun mengalami kenaikan akibat kebijakan pembatasan impor hortikultura.

"Kalau April dan Mei sudah stabil, saya rasa tidak menjadi hambatan apabila BBM dinaikkan," katanya.

Namun, menurut dia, harga daging sapi masih tercatat tinggi di beberapa daerah, sehingga pemerintah berupaya mempercepat distribusi dan pengadaan daging sapi, termasuk melakukan impor.

"Kita harus melakukan apapun yang harus kita lakukan, agar harganya rata-rata Rp75 ribu per kilogram. Karena ini masih Rp90 ribu keatas, makanya kita mau akselerasi impor," kata Gita.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan keputusan pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi menunggu kesiapan kompensasi yang akan diberikan kepada masyarakat.

"BBM akan dinaikkan bila dana kompensasi sudah siap," kata Presiden saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Jakarta, Selasa.

Kepala Negara mengatakan pemerintah menginginkan ketika berlaku harga BBM subsidi yang baru maka kompensasi bagi masyarakat miskin dapat langsung disalurkan sehingga tidak jeda waktu.

Bentuk kompensasi tersebut berupa penguatan belanja bantuan sosial yaitu program keluarga harapan (PKH), beasiswa untuk siswa miskin dan beras miskin (raskin) serta menambah alokasi bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) yang akan dianggarkan dalam APBN-Perubahan. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - 23/11/2014 08:54 WIB WIB

Anak Ketua MUI Lulus Cumlaude di UPH..


Nasional - 23/11/2014 08:53 WIB WIB

Walhi Berharap Kementerian ESDM Menghentikan..