Berita harian sumbar terkini update terlengkap

HUT RRI Padang
Nasional - 20/05/2013 04:22 WIB

Kerajinan Indonesia Dipamerkan di Dallas,

Jakarta, (Antara Sumbar) - Barang-barang kerajinan Indonesia, khususnya dari Bali, dipamerkan di Festival Asia yang diselenggarakan oleh Greater Dallas Asian American Chamber of Commerce di taman kota Dallas, Texas, Amerika Serikat (AS).

"Kerajinan Indonesia sangat disukai orang Amerika disini. Lebih 50 persen pembeli adalah orang Amerika yang pernah berkunjung ke Indonesia," kata Made Sumringah, diaspora Indonesia yang tinggal di AS, saat berbincang-bincang dengan Konsul Jenderal RI di Houston, Al Busyra Basnur yang mengunjungi gerainya akhir pekan lalu di Dallas.

Pagi sampai sore Sabtu (18/5), Made Jaya dan isterinya sangat sibuk melayani pembeli yang cukup ramai di gerai dagangannya. Sekali-sekali ke duanya melap keringat yang meleleh akibat panas terik mendera kota Dallas sampai 93 derajat Fahrenheit, atau sekitar 34 derajat Celcius.

"Mereka sudah tahu bahwa kerajinan Indonesia itu bagus, antik dan cantik," tambah Made.

Lebih lanjut Made mengatakan bahwa ia menjual barang-barang kerajinan Indonesia di berbagai tempat di Texas dan beberapa wilayah AS lainnya. Ia sendiri memiliki gudang penyimpanan barang kerajinan Indonesia di Dallas.

Made yang berkuliah dan bermukim di AS sejak awal tahun 2000, secara rutin mendatangkan barang-barang kerajinan Indonesia ke Dallas dengan kontainer dalam jumlah yang cukup banyak.

Selain gerai kerajinan Indonesia, masyarakat Indonesia yang tergabung dalam Kerukunan Masyarakat Indonesia (KMI) di Dallas dan Fort Worth juga menampilkan Tari Lenggang Lenggok Jakarta dan Tari Kipas dalam festival Asia tersebut.

Tarian itu dibawakan oleh dewasa, anak-anak dan remaja diaspora Indonesia. Donny Tigor Hardono, Ketua KMI Dallas dan Fort Worth mengatakan bahwa masyarakat diaspora Indonesia di Dallas selalu memanfaatkan setiap kesempatan untuk mempromosikan Indonesia, termasuk seni dan budaya dilingkungan masyarakat Dallas, Fort Worth dan sekitarnya.

"Festival Asia ini sangat strategis untuk memperkenalkan Indonesia di Amerika Serikat, khususnya di Dallas," kata Donny.

Sementara itu, Irma Kusuma, salah seorang Indonesia yang menjadi manager penyelenggara mengatakan bahwa Festival Asia itu merupakan yang terbesar dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Festival ini dihadiri sekitar 15.000-20.000 pengunjung, tidak hanya dari Dallas, juga dari kota-kota lain di Texas," kata Irma.

Festival Asia di Dallas itu diikuti oleh lebih dari 20 perwakilan masyarakat negara Asia yang masing-masing menampilkan pertunjukan seni budaya dan kuliner masing-masing negara. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - 20/09/2014 09:18 WIB WIB

Puan Menangis Saat Sampaikan Rekomendasi Rakernas..


Nasional - 20/09/2014 09:14 WIB WIB

KPK Surati KPU Agar Tunda Pelantikan Legislator..