Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Nasional - 19/06/2013 03:16 WIB

KPU dan Bawaslu Diminta Transparan Soal Anggaran

Jakarta, (Antara Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu diminta transparan soal anggaran penyelenggaraan pemilu oleh Lingkar Madani untuk Indonesia, Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia dan Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran guna mendorong akuntabilitas.

"Sebagai lembaga yang akan mengontrol kehalalan dana peserta pemilu, maka sudah semestinya KPU dan Bawaslu harus terlebih dahulu memberikan contoh bagaimana seharusnya mengelola dana," kata Direktur Sigma Said Salahudin di Jakarta, Rabu.

Said mengatakan, KPU dan Bawaslu dapat memberi contoh bagaimana pengelolaan anggaran pemilu dengan mengacu pada prinsip-prinsip tepat guna, murah dan transparan.

"Tentu saja KPU dan Bawaslu akan dapat kehilangan hak moral untuk menjadi wasit yang adil dalam pelaksanaan pengawasan dana kampanye parpol bila tidak menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan tersebut," ujar Said.

Untuk itu, Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti mengatakan ketiga organisasi masyarakat sipil tersebut hendak mengajukan permintaan informasi tentang penggunaan dana operasional penyelenggara pemilu, khususnya dana yang didipergunakan pada 2012 dan tahun berjalan kepada KPU dan Bawaslu.

Salah satu prinsip pelaksanaan pemilu, lanjut Ray, adalah pertanggungjawaban dana pemilu, baik oleh parpol maupun peserta individu yang dilaporkan kepada KPU.

"Sebab, sejauh ini, informasi penggunaan dana negara yang sedemikian besar itu tak terdengar cukup diketahui kalangan masyarakat luas tentang apa, berapa dan kemana dana tersebut dipergunakan," tukas Ray. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

3000 Aparat Amankan Daerah Rawan Macet

PERSPEKTIF

Puasa dan Piala Dunia 2014

A.R. Loebis Oleh: A.R. Loebis

Babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 di Brazil sudah selesai digelar dan ada hikmahnya bagi pemain Iran dan Bosnia-Herzegovina yang tidak lolos ke..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - Hari ini, jam 07:11 WIB WIB

Poempida Prihatin pada Korban Silaturrahim..


Nasional - Hari ini, jam 07:10 WIB WIB

BNPB: Pembakaran Hutan di Riau-Kalbar Semakin..