Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Nasional - 20/07/2013 08:13 WIB

Chevron Mendesak Mitra Kerja Terapkan UMSP Baru

Pekanbaru, (Antara Sumbar) - PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) mendesak seluruh mitra kerjanya (kontraktor) untuk segera menerapkan upah minimun sektor provinsi (UMSP) yang baru sesuai dengan Peraturan Gubernur Provinsi Riau Nomor 24 tahun 2013.

"Desakan ini adalah upaya kami karena sangat memahami keinginan para pekerja agar UMSP sektor migas di Provinsi Riau segera diterapkan, terlebih saat bulan suci Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, di mana kebutuhan meningkat," kata 'Manager Communications' (komunikasi) Chevron, Tiva Permata dalam surat elektroniknya kepada Antara di Pekanbaru, Sabtu.

Sebelumnya, hasil perundingan bipartite antara Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Riau dengan beberapa Serikat Pekerja atau Serikat Buruh yang ada di Riau pada awal April 2013, menyepakati Upah Minimum Sektor Provinsi sektor minyak dan gas bumi tahun 2013 sebesar Rp2.250.000 atau naik sekitar Rp720 ribu.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau sudah mengundangkan peraturan gubernur tentang upah minimum sektor migas di Riau tahun 2013.

Asisten I Bidang Hukum dan Pemerintahan Setdaprov Riau, Abdul Latif mengatakan, untuk sosialisasi selanjutnya akan dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Riau.

Dihubungi terpisah, Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bum Wilayah Sumatera Bagian Utara, Agung P Budiono mengatakan, pihaknya telah sangat siap melaksanakan peraturan Gubernur Riau tentang kenaikan upah buruh sektor migas di Riau tahun ini.

Manager Komunikasi Chevron, Tiva Permata mengatakan, pihaknya telah menyampaikan kepada mitra kerja bahwa pemenuhan UMSP 2013 merupakan kewajiban mitra kerja.

Seperti yang tercantum dalam kontrak, demikian Tiva, mereka (para mitra kerja/kontraktor) wajib mematuhi peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Pemenuhan kewajiban yang normatif kepada karyawani mitra kerja, kata dia, harus dilaksanakan segera oleh perusahaan mitra kerja masing-masing bidang.

Sebagai informasi, kata Tiva, segera setelah Pergub Nomor 24 tahun 2013 keluar, Chevron segera berkomunikasi degan mitra kerja untuk segera melakukan revisi atas nilai kontrak, sesuai dengan aturan yang berlaku di Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS).

"Percepatan revisi kontrak kami lakukan untuk membantu kelangsungan bisnis mitra kerja," ucapnya.

Menurut Tiva, Chevron juga berkomitmen untuk selalu mematuhi semua peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, terlebih yang menyangkut kemaslahatan pekerja yang secara langsung mendukung produksi migas nasional di Provinsi Riau pada umumnya dan di operasi Chevron khususnya.

"Kami menyadari ketenangan dan suasana kondusif pekerja sangat penting bagi operasi yang lancar dan selamat. Tujuannya adalah agar setiap pekerja pulang ke rumah dengan selamat setiap hari," tuturnya.

Tiva mengatakan, Chevron juga siap menjalankan UMSP yang baru, dimana sebagai KKKS di bawah koordinasi SKK Migas, Chevron akan menjalankannya sesuai petunjuk pelaksanaan yang diberikan oleh pemerintah melalui SKK Migas.

Ungkapan Tiva tersebut adalah menanggapi tuntutan ribuan buruh di Riau yang sebelumnya mengancam akan unjuk rasa besar-besaran menuntut realisasi penaikan ubah buruh migas itu.

Armaini selaku Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Pekanbaru mengatakan, sampai dengan hari ini, pihaknya belum menerima gaji seperti yang dijanjikan, yakni naik sekitar Rp720 ribu.

"Kami mendesak upah itu segera dibayarkan pada akhir bulan ini," tukasnya. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

3000 Aparat Amankan Daerah Rawan Macet

PERSPEKTIF

Puasa dan Piala Dunia 2014

A.R. Loebis Oleh: A.R. Loebis

Babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 di Brazil sudah selesai digelar dan ada hikmahnya bagi pemain Iran dan Bosnia-Herzegovina yang tidak lolos ke..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - Hari ini, jam 05:16 WIB WIB

Timnas U-23 Tanpa Kemenangan di Italia..


Nasional - Hari ini, jam 05:14 WIB WIB

Peta Jalan Pembentukan Badan Penerimaan Negara..