Berita harian sumbar terkini update terlengkap

pt Angkasa Pura
Nasional - 25/07/2013 03:38 WIB

Mensos: Daerah harus Bangkit Selesaikan Masalah Sosial

Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri. (Antara)

Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri mengatakan daerah harus bangkit untuk menyelesaikan masalah sosial yang ada di wilayahnya masing-masing.

"Daerah sendiri harus bangkit menyelesaikan masalahnya, maka akan terjadi akselesari percepatan penyelesaian masalah karena tidak hanya pemerintah pusat yang bergerak," kata Mensos di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan bahwa anggaran dan sumber daya manusia di Kementerian Sosial sangat terbatas, sementara permasalahan sosial sangat kompleks. Kemensos mendata ada sekitar 22 kelompok penyandang masalah kesejahteraan sosial di negeri ini.

"Anggaran tidak masalah karena kita membangun jaringan. Yang saya jalin adalah pertemanan dan persahabatan. Misalnya ada NGO yang ikut membantu merehabilitasi rumah tidak layak huni, kalau dengan anggaran pemerintah saja akan sulit," kata dia, mengungkapkan.

Contoh lainnya, kata Mensos, masalah anak saat ini terdata 4,5 juta penyandang masalah kesejahteraan sosial anak sementara kemampuan Kementerian Sosial hanya bisa menengatasi 200 ribu anak setiap tahun.

"Yang kita inginkan APBD juga ikut, sedangkan Kemensos selain menyiapkan anggaran juga siapkan pekerja sosial," katanya.

Begitu juga dengan masalah gelandangan dan pengemis yang jumlahnya semakin meningkat di kota-kota besar, terutama pada saat datangnya bulan suci Ramadhan dan menjelang lebaran.

Gepeng musiman tersebut, kata Mensos, berasal dari daerah dan banyak dari mereka bukan orang yang hidup susah, bahkan taraf hidupnya cukup baik.

"Terhadap gepeng musiman ini daerah yang harus aktif. Kalau mereka benar-benar tidak mampu kita akan bantu, carikan solusinya," ujar Mensos. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - Hari ini, jam 05:53 WIB WIB

Agung Laksono Bersedia Islah dengan Kubu Ical..


Nasional - Hari ini, jam 05:47 WIB WIB

Baznas Bekali 78 Penerima Beasiswa Kuliah Umum..