Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Ultah ANTARA 77
Nasional - 15/08/2013 05:23 WIB

Indonesia Jadi Tuan Rumah MTQ Internasional

Menteri Agama Suryadharma Ali. (Antara)

Menteri Agama Suryadharma Ali. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Indonesia akan menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawaqatil Quran (MTQ) Internasional yang akan diselenggarakan di Masjid Istiqlal, Jakarta, 11-15 September 2013.

"MTQ Internasional ini akan dibuka secara resmi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," kata Menteri Agama Suryadharma Ali di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis.

Perhelatan internasional itu akan diikuti 20 negara, antara lain Maroko, Brunei Darussalam, Malaysia, Iran, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Sudan, Mesir, Singapura, Aljazair, Pakistan ,India, Jerman, Prancis, Kuwait, dan Indonesia.

MTQ Internasional ini merupakan event kedua dengan Indonesia sebagai tuan rumahnya. Sebelumnya, Indonesia pernah menjadi tuan rumah MTQ Internasional pada tahun 2003.

"MTQ Internasional ini mengambil tema 'MTQ Internasional Jembatan Ukhuwah dan Kerja Sama Dunia Islam untuk Persahabatan, Perdamaian, dan Kerja Sama Antar-Bangsa," katanya didampingi Dirjen Bimas Islam Abdul Djamil.

Di sela-sela pertemuan dengan Gubernur Bangka Belitung untuk membahas STQ di Bangka Belitung, Menag berharap MTQ Internasional bisa menjadi wahana silaturahmi anak bangsa untuk memberi resonansi sosial terhadap persatuan dan kesatuan bangsa serta persahabatan antarbangsa.

Rencananya, MTQ Internasional akan melombakan dua cabang, yaitu menghafal Al Quran dan lomba membaca (tartil) Al Quran beserta tajwidnya.

"Saat ini, tidak kurang 25 event internasional yang mengundang Indonesia untuk hadir dan mengirimkan utusan qari dan qariahnya, mulai dari tahfidzul quran hingga Musabaqah Tilawatil Quran," katanya.

Ia menambahkan qari dan qariah Indonesia selalu meraih prestasi terbaik dan menjadi juara. "Karenanya qari dan qariah Indonesia diperhitungkan di luar negeri," kata Menag. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - 18/12/2014 09:46 WIB WIB

Polri Masih Periksa Intensif 12 WNI yang..


Nasional - 18/12/2014 09:44 WIB WIB

KPK Tahan Mantan Sekjen Kementerian ESDM..