Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Nusantara - 26/03/2013 04:15 WIB

16 Negara Ikuti ISPC 2013 di Cianjur

Cianjur, (Antara Sumbar) - Ratusan peserta perkemahan dari 16 negara ikuti "international scout peace camp: ISPC" 2013, di Desa Sukaratu, Kecamatan Gekbrong, Cianjur, Jabar, Selasa.

Ka Kwarnas-National Commissioner Organizing Committee Chairman, Brata Tryana Hardjosubroto, mengatakan kegiatan tersebut diikuti 147 negara dan 500 peserta.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan di Indonesia, terbagi dari tiga sub camp, Desa Sukaratu-Cianjur dan Kampung Domba,Pandeglang-Banten serta Ketu Babakan-Jakarta Selatan yang berlangsung mulai tanggal 25-31 Maret.

Sedangkan di Sukaratu ada 16 negara peserta meliputi negara Thailand, Saudi Arabia, Mexico, Malaysia, Kamboja, Oman, India, Singapura, Taiwan, Kazakstan, Vietnam, Irlandia Brunei Darusalam, Philipina, Australia dan Indonesia.

"Para peserta menginap tiga hari tiga malam di rumah warga. Selama itu peserta berusaha berinteraksi memahami dan bersahabat dengan masyarakat desa mencakup makanan khas, seni, budaya lokal Cianjur," katanya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Cianjur, dalam sambutannya yang dibacakan Ketua Panitia Sub Camp Desa Sukaratu Darojat Ali, mengatakan pemerintah dan masyarakat Cianjur, merasa bangga atas dipilihnya Desa Sukaratu, sebagai sub camp kegiatan kemah perdamaian (international scout peace camp).

Dia menuturkan, awal dekade ini terjadi proses demokratisasi dan reformasi dimana imbasnya merambah ke berbagai bidang kehidupan, yang berdampak terhadap perkembangan gerakan pramuka.
"Di Cianjur, keberadaan pramuka semakin eksis dengan dicanangkannya Cianjur sebagai kabupaten pramuka. Hal ini tercermin dari meningkatnya minat kaum muda terhadap gerakan pramuka dan semakin banyaknya kegiatan kepramukaan," katanya.

Dia menuturkan, kegiatan pramuka yang dilaksanakan, mulai dari prasiaga hingga di tiap-tiap organisasi perangkat daerah (OPD) telah terbentuk keanggotaan pramuka.

"Perkembangan tersebut, sungguh sangat menggembirakan serta positif, dan semoga pula menjadi kekuatan untuk tercapainya visi dan misi gerakan pramuka, yakni mempersiapkan para pemimpin bangsa yang memiliki watak, kepribadian, dan akhlak mulia pada masa depan," katanya.

Sementara itu, hadir dalam acara tersebut, Ka Kwarnas, Kwarda, Kwarcab serta jajarannya, para kepala OPD, unsur Muspida Cianjur, serta sejumlah tamu undangan lainnya. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nusantara - Hari ini, jam 03:29 WIB WIB

KPK Terima 1.858 Pengaduan Dugaan Korupsi Sumut..


Nusantara - Hari ini, jam 02:31 WIB WIB

Polres Madina Amankan 31 Kilogram Ganja..