Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Nusantara - 03/04/2013 03:09 WIB

Kapasitas Terminal Bandara SSK akan Diperluas

Pekanbaru, (Antara Sumbar) - PT Angkasa Pura II akan meningkatkan kapasitas terminal Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, Riau, sehingga dapat menampung hingga delapan juta penumpang/tahun, meningkat 100 persen dibanding kapasitas saat ini.

"Kami ada rencana untuk pengembangan terminal hingga dapat menampung 8 juta penumpang per tahun," kata Kepala Divisi Layanan Operasi AP II Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Hasturman Yunus dalam acara Airports Visit 2013 di Pekanbaru, Rabu.

Menurut Hasturman Yunus, sebenarnya Bandara SSK II baru saja memiliki terminal penumpang baru sejak Juli 2012 yang dapat menampung hingga sebanyak 4 juta penumpang per tahun, tetapi hal itu dinilai tidak akan dapat memadai lagi dalam beberapa tahun ke depan karena tingginya tingkat pertumbuhan penumpang di bandara tersebut.

Berdasarkan data AP II, jumlah penumpang per tahun pada tahun 2011 untuk pertama kalinya melebihi 2,5 juta penumpang atau meningkat 9,66 persen dibanding tahun sebelumnya.

Sedangkan pada tahun 2012, jumlah penumpang per tahun yang menggunakan bandara SSK II meningkat 11,86 persen dibanding tahun sebelumnya hingga mencapai 2,79 juta penumpang.

"Kami masih mengkaji masterplan terkait dengan pembebasan lahan," katanya.

Ia juga mengatakan, kemungkinan proses kontruksi untuk perluasan kapasitas tersebut akan terbangun pada akhir 2014.

Pada saat ini, terminal penumpang yang dapat menampung kapasitas hingga 4 juta penumpang per tahun adalah seluas 25.779 meter persegi.

Sementara bila pengembangan kapasitas telah selesai dilaksanakan, maka terminal penumpang yang berkapasitas hingga 8 juta penumpang per tahun akan memiliki luas 34.379 meter persegi.

Selain pengembangan kapasitas penumpang, aspek lainnya yang akan diperluas adalah "runway" (lintasan pesawat) dari 2.240 meter x 45 meter menjadi 2.600 meter x 45 meter.

"Kami juga akan membuat 'parallel runaway' sehingga memudahkan pesawat yang mendarat untuk segera dapat parkir karena berarti akses menuju apron diperbesar," katanya.

Sebagaimana diketahui, Bandara SSK II pada tahun 2012 lalu juga telah memperoleh Juara II Kategori Bandara Terbaik 2012 dalam ajang penghargaan Bandara Award. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nusantara - Hari ini, jam 04:46 WIB WIB

Kecelakaan Tunggal di Depok Dua Tewas..


Nusantara - Hari ini, jam 02:08 WIB WIB

Harga Karet di Mukomuko Merangkak Naik..