Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Nusantara - 30/05/2013 06:12 WIB

PLN Riau-Kepri Deklarasi Bersih KKN

Tanjungpinang, (Antara Sumbar) - PT Perusahaan Listrik Negara Riau-Kepulauan Riau mendeklarasikan diri di hadapan rekanannya, kepolisian, kejaksaan dan pengembang (developer) setempat sebagai perusahaan bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Pernyataan untuk bebas dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) itu disampaikan General Manager PLN Riau-Kepri, Dodi Benyamin Pangaribuan, di Tanjungpinang, Kamis.

"Deklarasi bersih dari korupsi dan nepotisme ini, dengan tujuan agar PLN terus meningkatkan keterbukaan publik," kata Dodi.

Menurut dia, terdapat beberapa hal yang tersirat dalam deklarasi ini, seperti pernyataan bersama untuk tidak melakukan segala tindakan yang dapat dikategorikan sebagai korupsi menurut UU Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, dalam setiap proses pengadaan barang dan jasa, pelayanan publik yang dilaksanakan PLN," kata Dodi.

Tindakan lainnya yang diharamkan untuk dilakukan oleh seluruh pegawai PT PLN adalah menerima hadiah dari pihak lain (gratifikasi), penggelembungan anggaran, pemberian hadiah, konflik kepentingan dan pemerasan. Untuk menghindari hal itu, maka seluruh karyawan PT PLN harus menjalankan tugasnya, seperti pengadaan barang dan jasa dengan berpegang pada prinsip transparansi dan efisiensi dalam penggunaan aset negara.

"Selain itu, mereka juga wajib menjalankan proses pengadaan barang dan jasa dengan mengikuti proses yang legal, sesuai ketentuan yang berlaku, dengan menekankan pada prinsip efisiensi anggaran dan waktu," ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, PLN juga sudah bekerja sama dengan pihak KPK. Pihak KPK memiliki "pasword" agar dapat membuka laporan keuangan PLN.

"Kami minta kepada seluruh mitra PLN, agar bersama-sama menjaga PLN agar tetap bersih dari praktik KKN," katanya.

Oknum PLN yang melakukan korupsi atau meminta-minta biaya tidak resmi dalam melaksanakan tugasnya, maka masyarakat jangan takut untuk melaporkannya. Oknum PLN dapat dikenakan sanksi yang berat jika terbukti memperkaya diri.

"Silahkan lapor ke pihak PLN dan oknum tersebut akan kita tindak tegas sesuai aturan yang berlaku," imbaunya.

Dalam acara deklarasi tersebut, pihak PLN memberi penghargaan kepada mitra kerja PLN, dengan ditandainya pemasangan pin yang bertuliskan "PLN Bersih Korupsi". (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nusantara - Hari ini, jam 09:06 WIB WIB

Persipura Jayapura Terima SK Sanksi Dua Pemain..


Nusantara - 24/10/2014 07:25 WIB WIB

DPRD : Ahok Tidak Bisa Pilih Wakil Sendiri..