Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Nusantara - 01/06/2013 12:24 WIB

Sumsel Alami Kemarau Basah

Palembang, (Antara Sumbar) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Sumatera Selatan memprakirakan pada awal Juni 2013 provinsi ini mulai memasuki musim kemarau, tapi masih terdapat cukup banyak hujan sehingga sering disebut kemarau basah.

"Kemarau basah disebabkan terjadi fenomena la nina lemah dan dipole mode negatif serta hangatnya temperatur perairan Indonesia yang menyebabkan masih tersedianya uap air," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten BMKG Sumsel Indra Purnama di Palembang, Sabtu.

Menurutnya, dalam kondisi kemarau basah tahun ini, kemungkinan terjadi titik api atau "hot spot" kecil, namun harus tetap diwaspadai.

Dengan kewaspadaan yang tinggi diharapkan pada musim kemarau tahun ini bisa dihindari atau paling tidak diminilasir timbulnya masalah kebakaran hutan dan lahan pertanian atau perkebunan serta kabut asap seperti 2012, katanya.

Dijelaskannya, musim kemarau pada awal Juni 2013 di provinsi berpenduduk sekitar 8,5 juta jiwa ini, sesuai dengan masa musimnya atau masih tergolong normal.

Dalam kondisi awal kemarau basah sekarang ini, secara umum kondisi cuaca di 15 kabupaten/kota berawan hingga berpotensi hujan sedang diserta angin kencang.

Hujan diserta angin kencang berpeluang turun di wilayah Sumsel dengan karakter secara tiba-tiba dengan sebarannya tidak merata atau hujan lokal.

Melihat kondisi cuaca tersebut masyarakat diimbau untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya berbagai bencana akibat peralihan musim dari penghujan memasuki musim kemarau terutama bencana angin puting beliung yang beberapa hari terakhir melanda masyarakat sejumlah desa di Kota Pagaralam dan Kabupaten Muara Enim, ujar Indra. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

KPU Padang Fokus Tahapan Pilpres

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nusantara - 24/04/2014 09:39 WIB WIB

Bentrok Berebut Tambang Emas Dua Warga Tewas..


Nusantara - 24/04/2014 08:35 WIB WIB

Pelatih Sriwijaya FC Waspadai Lini Depan Persik..