Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Nusantara - 28/06/2013 09:33 WIB

Pengunjung Wisata Lubuklinggau Jadi Sasaran Perampok

Lubuklinggau, Sumsel, (Antara Sumbar) - Para pengunjung berbagai objek wisata di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, butuh keamanan karena acap kali mereka menjadi sasaran dihadang kawanan perampok.

Misalnya objek wisata air terjun Temam di Kelurahan Air Temam, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, hingga saat ini rawan tindak kejahatan, kata seorang pengunjung dari Kabupaten Kepahiang, Bengkulu, Sahrun, Jumat.

Ia mengatakan, saat berkunjung ke objek wisata itu beberapa bulan lalu sempat dihadang penjahat dan seluruh uang serta pesawat HP dirampas oleh kawanan pejahat tersebut.

Dengan demikian warga di luar Kota Lubuklinggau masih ragu untuk berkunjung ke objek wisata tersebut padahal lokasinya sangat indah.

"Kami sebagai pengunjung butuh keamanan dan kenyamanan karena berwisata juga untuk tujuan menyegarkan rohani," katanya.

Ia tertarik objek wisata Temam setelah membaca koran dan media online bahwa daerah itu sangat indah untuk dikunjungi. "Ketika kami sampai Temam, ternyata benar adanya," ujarnya.

Namun yang meragukan pengunjung ke objek wisata itu adalah keamanan, sedangkan masyarakat yang ditemui di sepanjang jalan menuju destinasi itu menunjukkan kebaikan, ujarnya.

Humas Pemerintah Kota Lubuklinggau Nurussulhi mengatakan, kerawanan tindak kriminal itu biasa dikeluhkan pengunjung pada sore hari, kalau pagi dan siang hari cukup aman.

Pemerintah Kota Lubuklinggau terus berbenah untuk merenovasi berbagai objek wisata tersebut termasuk Air Terjun Temam. Bila keamanan selalu dikeluhkan pengunjung daerah itu nantinya didirikan pos keamanan tersendiri.

Selain itu merenovasi sarana yang ada pada objek wisata tersebut, termasuk sarana yang ada pada wisata Bukit Sulap.

Ia mengatakan, Air Terjun Temam memiliki ketinggian sekitar 12 m dan lebar 25 m. Lokasinya dikelilingi batu-batuan alam serta pepohonan yang hijau dengan kondisi lingkungan yang masih alami.

Air terjun ini, katanya, berada di aliran Sungai Temam. Di atas air terjun ini terdapat jembatan gantung melintang sepanjang 100 m sehingga pengunjung dapat melihat objek ini hanya dalam jarak sekitar 50 meter.

Namun objek wisata itu, menurut Nurussulhi, hanya dikunjungi wisatawan pada hari libur atau saat tanggal merah, di luar hari tersebut pengunjung masih sepi.

Lokasi air terjun itu sekitar 11 kilometer dari pusat kota Lubuk Linggau ke arah selatan atau sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui dua jalan masuk alternatif, yaitu ke arah Kelurahan Rahma atau Kelurahan Air Temam dengan kondisi jalan penghubung cukup bagus.

Air terjun ini terletak ± 50 m dari jalan poros yang menghubungkan antara Kelurahan Air Temam dan Kelurahan Rahma, sedangkan harga tiket masuk Rp1.000 per orang dan parkir kendaran Rp3.000 per unit.

Selain itu ada juga obyek wisata Bukit Sulap terletak di sebelah tenggara kota Lubuk Linggau merupakan salah satu tempat rekreasi dan wisata alam.

Dari puncak Bukit Sulap pengunjung dapat menikmati keindahan kota Lubuk Linggau. Luas Bukti Sulap sekitar 68.593 hekatre dengan ketinggian 471 meter dari permukaan laut.

Di dalam kota Lubuklinggau ada suatu konstruksi irigasi yang mula-mula dibangun oleh belanda pada tahun 1941 disamping untuk jaringan irigasi teknis, juga sebagai objek wisata.

Sungai Kelingi di wilayah setempat juga berpotensi dijadikan olah raga arung jeram karena lokasinya sangat menantang untuk mencoba nyali bagi para petualang maupun penggila olahraga tersebut, ujarnya. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

202 Daerah Bakal Pemilu Kada Serentak 2015

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nusantara - Hari ini, jam 09:51 WIB WIB

PSSI Medan Perbanyak Kompetisi Antarklub..


Nusantara - Hari ini, jam 09:09 WIB WIB

Pusri Tetap Pasok Urea Bagi Industri..