Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Nasional - 01/04/2013 06:42 WIB

Tim Junior Taekwondo Indonesia Butuh Laga Uji Tanding

Jakarta, (Antara Sumbar) - Manajer tim junior taekwondo Indonesia Zulkifli Tanjung mengatakan atlet junior membutuhkan bantuan pemerintah terkait dengan keikutsertaan dalam laga uji tanding di luar negeri untuk melatih mental dan strategi bertanding.

"Kalau uji tanding kurang, kita tidak bisa apa-apa. Karena itu melatih mental, strategi bertanding, dan pengalaman," kata Zulkifli kepada Antara di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan, atlet junior dipersiapkan sebagai pelapis tim senior sehingga perlu persiapan matang.

Menurut dia, latihan yang dijalankan atlet junior menyebabkan mereka "matang" dalam latihan bukan di pertandingan yang sebenarnya.

"Ya kan seharusnya dipersiapkan karena bisa untuk Olimpiade 2016, karena ada pelapis yang akan kami persiapkan," ujarnya.

Menurut dia, idealnya tiga bulan sekali atlit junior diikut sertakan dalam laga uji coba di luar negeri. Hal itu dia mengatakan dibutuhkan bantuan dana dari pemerintah karena selama ini "try out" yang dijalankan dananya berasal dari internal Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI).

"Kalau mau prestasi maju ya harus konsen di bantuan dana. Kita tidak bisa bicara prestasi tanpa ada dukungan dana, sarana, dan prasarana," tegasnya.

Dia mengatakan di luar negeri banyak ajang uji tanding yang bisa diikuti atlet taekwondo Indonesia, seperti di Asia dan Eropa dalam bentuk turnamen terbuka. Namun uji tanding itu menurut dia memiliki tingkat tertentu yang dipengaruhi keikutsertaan negara-negara di dalamnya.

"Tapi kan semua bicara kualitas, kalau mau bagus kita cari pertandingan dengan 'grade' A yang diikuti negara-negara hebat," katanya.

Zulkifli mengatakan cabang olahraga taekwondo tidak terlalu membutuhkan alat yang mewah untuk menunjang prestasi, namun pengalaman uji tanding dengan atlit di luar negeri.

Menurut Zulkifli, taekwondo termasuk lima cabang olahraga Indonesia yang menjadi prioritas masuk ajang Olimpiade, karena itu perlu difasilitasi keperluan untuk meningkatkan kemampuan atletnya. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - Hari ini, jam 04:59 WIB WIB

Rupiah Jumat Sore Melemah menjadi Rp12.070..


Nasional - Hari ini, jam 04:56 WIB WIB

Tiket Masuk Museum Sumpah Pemuda Rp2.000..