Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita Duka
Berita

Padang Panjang - 09/10/2012 05:33 WIB

32 Guru Tak Ikut UKG di Padangpanjang

Sejumlah guru sedang mengikuti Uji kompetensi Guru di SMKN I Padangpanjang, Selasa (9/10)

Sejumlah guru sedang mengikuti Uji kompetensi Guru di SMKN I Padangpanjang, Selasa (9/10)

Padangpanjang, Sumbar, (Antara Sumbar) - Sebanyak 32 orang guru sertifikasi dari berbagai tingkatan tidak bisa mengikuti uji kompetensi guru (UKG) gelombang II yang diselenggarakan di SMKN I setempat, 9-12 Oktober 2012.

"Mereka tidak bisa mengikuti UKG pada hari pertama karena mata pelajaran diuji belum online dari pusat," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Padangpanjang Kenedi, Selasa.

Dia mengatakan, ke-32 guru orang tersebut akan mengikuti ujian berbagai bidang studi, mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak sampai sekolah menengah atas.

Dia menjelaskan, bagi guru yang belum mengikuti UKG dari hari pertama, besar kemungkinan bisa mengikuti ujian berikutnya, selama rentang waktu empat hari pelaksanaan.

"Guru yang tidak bisa mengikuti UKG pada hari pertama, ada kemungkinan bisa mengikuti ujian pada hari berikutnya kalau mata pelajarannya sudah online," katanya.

Dia menyebutkan, guru yang bisa melaksanakan UKG setelah validasi dari pusat untuk sementara berjumlah 198 orang.

Ke-198 orang tersebut terdiri atas guru TK empat orang, SD 18 orang, SMP 27 orang SMA 45 orang, SMK 92 orang, dan pengawas 12 orang.

Dia mengatakan, pelaksanaan UKG tersebut untuk pemetaan penguasaan kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan profesional) sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

"Selain itu juga sebagai entri poin penilaian kinerja guru dan sebagai alat kontrol pelaksanaan penilaian kinerja guru," katanya.

Dalam pelaksanaannya, sebut dia, UKG akan diikuti 60 orang setiap hari yang dibagi tiga shift dengan setiap shift diikuti 20 orang.

Dia mengatakan, bagi guru yang sudah disertifikasi wajib mengikuti UKG sebagai salah satu persyaratan, sehingga kemampuan mereka bisa lebih meningkat dan mengikuti perkembangan terkini.

"Jika tidak dilaksanakan, maka guru bisa ketinggalan dari perkembangan zaman saat ini yang bisa merugikan dia sendiri," katanya.

Pada gelombang pertama, guru yang sudah mengikuti UKG sebanyak 428 dari total 658 orang yang disertifikasi. (*/ben/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang Panjang - 01/10/2014 06:48 WIB WIB

Polresta Padang Panjang Tangkap Pelaku Curanmor..


Padang Panjang - 01/10/2014 06:24 WIB WIB

Padang Panjang Canangkan Kota Bersih dan Hijau..