Berita harian sumbar terkini update terlengkap

HUT RRI Padang
Berita

Padang - 21/08/2011 07:22 WIB

Menkumham Tinjau Usaha Produktif Lapas Muara Padang

Padang, (Antara Sumbar) - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Patrialis Akbar melakukan peninjaun usaha produktif yang dimiliki Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Muara Kelas II.A Padang, Sumatera Barat.

Kemenkumham, bersama Walikota Padang, Fuazi Bahar serta Ketua DPW PAN Sumbar, Asli Khaidir melihat secara dekat unit usaha perbengkelan yang ada di Lapas Muara kelas II.A Padang, Sabtu.

Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar mengatakan, narapidana melakukan kesalahan hingga menebusnya dengan menjalani hidup di balik terali besi bukan berarti akhir dari segalanya.

"Mereka masih memiliki kesempatan untuk berkarya meskipun tetap mendekam dalam penjaran,"kata Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar.

Menurutnya, para napi yang menjalani hukuman banyak memiliki keahlian, sendirinya kita memikirkan untuk mengadakan unit usaha produktif.

"Usaha ekonomi produktif, dengan harapan dapat dijadikan bekal setelah narapidana menjalani masa pembinaan,"katanya.

"Keterampilan yang dimiliki para narapidana memilik dampak yang positif, mereka tetap semangat untuk menjalani hidup yang lebih baik
Dia menambahkan, kami sangat mendukung kreativitas narapidana yang berpartsipasi serta mau berkarya meskipun masih menjalani hidup dipenjara.

"Semua orang punya hak untuk menciptakan karya yang luar biasa. Penjara tidak bisa membatasi kreativitas seseorang,"katanya.

Tempat terpisah, Kalapas Muara Padang, Elly Yuzar mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan salah satu perusahaan yang ada di Kota Padang untuk memberikan keterampilan bagi warga binaan.

Warga binaan dalam Lapas Muara Kelas II.A Padang diajari bagaimana membuat sandal, sprei, bengkel las dan lain sebagainya.

"Kita memberikan kebebasan pada warga binaan untuk membuat karya yang diinginkan dapat bermanfaat bagi masyarakat diluar penjara,"kata Elly Yuzar.

Dia menambahkan, warga binaan berhasil membuat karya diberi imbalan jasa sebesar Rp150 ribu hingga Rp300 ribu diterima setiap bulannya.

"Mereka ini tidak lagi menerima uang dari pihak keluarga, malahan sekarang ini kebalik memberikan uang ongkos pulang usai membesuk,"katanya. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang - 20/09/2014 03:39 WIB WIB

Pakar: Sosialisasi Intensif Ubah Kebiasaan Makan..


Padang - 20/09/2014 02:08 WIB WIB

Cuaca Buruk, Puluhan Nelayan Padang Gagal Melaut..