Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Padang - 25/08/2008 07:07 WIB

Helmi Darlis: Yakin Jadi Wakil Walikota Pariaman

Padang, (Antara Sumbar) - Meski berlangsung sidang sengketa hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) walikota dan wakilwalikota Pariaman diyakini tidak berpengaruh terhadap pelantikan pasangan Mukhlis Rachman dan Helmi Darlis (MUDA) untuk memimpin di kota itu, karena gugatan tersebut sampai kini hanya seorang incumbert (Mahyuddin-red).

Hal ini dinilai Hemli Darlis sebagai Wakil Walikota Pariaman terpilih usai menghadiri sidang pembacaan saksi di Pengadilan Tinggi, Sumbar, Senin.

"Gugatan ini tidak akan mampu menembus pemilihan ulang dari sejumlah TPS yang disinyalir tidak adil. Sebab hanya satu orang dan itupun seorang incumbert tanpa ada dukungan yang kuat," kata Helmi dan menambahkan, disamping itu, para saksi pun memberikan kesaksiannya juga tidak mengetahui kesalahannya, bahkan ada yang disuruh dari salah satu incumbert lain.

Selain itu, Helmi berpendapat, sejauh ini tidak ada satupun pihak lain selain pasangan Mahyuddin-Firdaus yang menggugat hasil Pilkada, karena hasilnya dinilai banyak pihak sudah berjalan dengan lancar dan demokrasi serta masyarakat sudah memberikan amanah suaranya berdasarkan hati nurani untuk memilih calon pemimpinnya.

"Kalau dilihat pasangan incumbert tidak ada yang protes dan mereka menerima secara demokratis, juga pihak panwaslu, LSM tidak ada yang protes. Padahal, pihak tersebutkan mempunyai hak untuk menuntut jika memang ada terjadi kecurangan di lapangan dalam Pilkada," tegasnya.

Berdasarkan hasil konfirmasi Helmi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), bahwa partainya siap mendukung dan membiayai sampai ke Mahkama Agung, jika hasil Pilkada tersebut terus digugat oleh Mahyuddin.

Ia menegaskan, jika gugatan berbuntut kepada pengulangan pemilihan akan diserahkan sepenuhnya terhadap PKS.

"Saya hanya berserah kepada Allah, karena kebenaran itu Dia (Allah) yang memiliki, di samping itu juga dari partai (PKS-red) yang akan menindaklanjutinya. Yang jelas, masyarakat sudah memberikan kepercayaan kepada pasangan MUDA sesuai dengan haknya," tuturnya.

Helmi mengharapkan, dalam sidang gugatan itu hakim juga punya kekuasaan dalam mengambil keputusan terhadap sengketa tersebut, namun hakim harus punya nurani dalam mengambil keputusan.

Sebab, hanya nurani yang mampu meberikan kebenaran terhadap masalah yang terjadi berdasarkan bukti-bukti yang nyata. (Iwan/SA)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

KPU Padang Fokus Tahapan Pilpres

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang - 24/04/2014 10:45 WIB WIB

Empat Panelis Bedah Buku Dirut Semen Indonesia..


Padang - 24/04/2014 09:11 WIB WIB

Penjual BBM Ilegal Divonis 10 Bulan Penjara..