Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Padang - 08/07/2012 09:09 WIB

Gugatan Hakim Tipikor Terhadap Posmetro Disidangkan

Padang, (Antara Sumbar) - Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Padang, Sumatera Barat menyidangkan gugatan Mardefni Zainir (sekarang Hakim Tipikor), mantan wartawan Harian Posmetero (Group Jawa Pos) terhadap perusahan itu.

Sidang itu di ketua Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial, Padang, Fahmiron SH, dengan dua orang hakim anggota yakni Masril dan Syahril. SementarA itu Penasihat Hukum Hakim Tipikor yakni Yuliwan Rajo Ameh, sedangkan PH dari Posmetro Padang adalah R. Wartira.

Dalam gugatan yang dibacakan Penasehat Hukum tergugat yakni Yuliwan Rajo Ameh mengatakan kliennya atas nama Mardefni Zainir sudah bekerja sama selama 10 tahun di Posmetro Padang, jabatan terakhir sebagai Redaktur.

"Namun pada 27 Juli 2011 mendapatkan Surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dengan klafikasi diri secara sepihak dari Posmetro Padang dengan nomor surat:0062/PM-DIRUT/VII/2011 yang ditandatangani oleh Direktur Utama PT Posmetro Padang,"katanya.

Keluarnya surat PHK itu, lanjut Yuliwan klienya merasa keberatan juga telah mencoba untuk menyelesaikan sebanyak dua kali, namun tidak ada respon dan penyelisian dari Posmetro Padang. Tidak adanya penyelisian maka 27 Febuari 2012 kliennya mengajuakan permohonan kepada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Padang untuk mediasi,'kata Yuliwan.

Hasil mediasi tersebut, Dinsosnaker dengan dasar pasal 25 ayat 4 c yang bunyinya; masa kerja 9 tahun atau lebih tetapi kurang dari 12 tahun dibayarkan 3 bulan gaji. "Selaku mediator (Dinsosnaker) mengeluarkan anjuran tertulis: dimana pihak pengusaha dalam PHK karyawan wajib membayarkan pada pekerja uang pisah Rp 3 x Rp1.300.000 = Rp3.900.000,"katanya.

Terkait anjuran mediator tadi, lanjut Yuliwan Rajo Ameh penggugat pun keberatan, karena merasa PHK dimaksud bukanlah diklarifikasi sebagai pengunduran diri penggugat, akan tetapi merupakan rekayasa dari tergugat yang sengaja melakukan PHK sepihak.

Dia mengatakan, secara hukum tergugat harus membayarkan hak ¿ hak penggugat sebagaimana diamanatkan pasal 156 UU No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, karena penggugat dalam hal ini ikut merintis dan punya peran dalam membesarkan PT Posmetro Padang Pers selama 10 tahun.

"Selama 10 tahun (dulunya), penggugat baru mengambil 1 kali cuti, dan belum terima Tunjangan Hari Raya (THR) di tahun 2011,"katanya.

Secara hukum lanjutnya penggugat menuntut uang pengganti cuti tahunan dan THR yang belum dibayarkan, karena PHK dilakukan menjelang bulan puasa (ramadhan) kala itu.

Menurutnya, sesuai dengan pasal 156 UU No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan tergugat berhak mendapatkan hak-hak sebagai karyawan yang di PHK oleh Posmetro Padang.

"Kewajiban tergugat (Posmetro) harus membayarkan uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak dengan total Rp36.855.000,"katanya.

Sementara itu kuasa hukum Posmetro, R Wartira yang langsung diberikan kesempatan oleh majelis hakim untuk menjawab gugatan, dimana menolak seluruh dalil gugatan dari penggugat kecuali atas hal yang benar-benar diakui tergugat.

"Setelah membaca seluruh dalil pada prinsipnya tergugat menolak dalil gugatan dari penggugat,"katanya.

Usai mendengarkan Gugatan (Penggugat) dan Jawaban (Tergugat) tadi, Ketua Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial, Padang, Sumatra Barat, Fahmiron SH menutup sidang perdana tersebut, dan akan melanjutkan kembali pada 13 Juni 2012, dengan agenda Replik dari Penggugat. (*/zon/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

3000 Aparat Amankan Daerah Rawan Macet

PERSPEKTIF

Puasa dan Piala Dunia 2014

A.R. Loebis Oleh: A.R. Loebis

Babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 di Brazil sudah selesai digelar dan ada hikmahnya bagi pemain Iran dan Bosnia-Herzegovina yang tidak lolos ke..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang - 29/07/2014 04:38 WIB WIB

Objek Wisata Pantai Padang Ramai Dikunjungi..


Padang - 29/07/2014 03:39 WIB WIB

Pengunjung Berbagai Provinsi Mulai Ramaikan..