Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Padang - 20/01/2013 10:53 WIB

Polresta Padang Atasi Balapan Liar Penyemprotan Sabun

Padang, (Antara Sumbar) - Jajaran Kepolisian Resor Kota Padang, melakukan penertiban terhadap balapan liar yang telah meresahkan warga setempat, salah satunya cara yang diambil adalah menyirami dan penyemprotan badan jalan dengan air sabun agar menjadi licin.

Kasat Lantas Polresta Padang Kompol Andiyatna di Padang, Minggu mengatakan cara tersebut diambil untuk menghindari aksi slalom dan balapan liar yang sering dilakukan muda mudi didaerah setempat, tanpa mempedulikan ketertiban dan kenyamanan masyarakat.

Polisi juga meminta bantuan Dinas Pemadam Kebakaran untuk melakukan penyiraman air yang telah dicampur dengan sabun itu.

"Kalau jalan itu sudah licin, tentu mereka tidak akan berani balapan ataupun slalom, dan hal ini telah dilakukan pada Sabtu malam (19/1) hingga Minggu dini hari tadi, dan terlihat cukup efektif," kata Andiyatna.

Dia menambahkan, selain itu, pihak kepolisian juga melakukan razia terhadap kendaraan yang masih tetap saja melakukan kegiatan tersebut, dan beberapa kendaraan sempat diamankan di Mapolrseta Padang.

Kawasan yang di semprotkan air sabun di badan jalan tersebut adalah daerah tepi laut, jalan Samudera,Kecamatan Padang Barat, dan juga kawasan jalan Khatib Sulaiman, Kecamatan Padang Barat, yang sering dijadikan arena ugal-ugalan oleh muda mudi daerah itu.

Dari pantuan, puluhan kendaraan roda dua juga terlihat diamankan di halaman Mapolresta Padang, hasil dari razia balap liar dan ugal-ugalan di dua kawasan jalan tersebut.

Untuk penertiban dan razia yang dilakukan, pihak kepolisian setempat menerjunkan 50 personel Satlantas, Sabhara, ReskrimPolresta Padang, dan dibantu degan Dinas Pemadam Kebakaran.

Sehubungan dengan itu, Andiyatna, terkait masih maraknya kegiatan balap liar dan ugal-ugalan pada malam hari di dua kawasan tersebut, juga menyayangkan pihak Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) yang kurang tanggap melihat persoalan yang terjadi di jalan raya itu.

"Kita telah koordinasi dengan pihak Dishubkominfo, namun belum terlihat adanya solusi yang dilakukan, sebab apa yang kita lakukan saat ini, tidak mungkin setiap hari dilaksanakan, sehingga pihak terkait harus mencari solusi terbaiknya, salah satu adalah dengan memeberi pembatas jalan atau menutup dua jalan di kawasan itu pada hari-hari tertentu, seperti malam Minggu," jelasnya.

Andiyatna menambahkan, hal ini harus menjadi perhatian, agar tidak ada korban jiwa akibat ugal-ugalan yang dilakukan oleh muda mudi yang kurang memperhatikan keselamatan di jalan raya itu.

Sementara itu, Kepala Dishubkominfo Kota Padang, Firdaus Ilyas, mengatakan sudah memulai kegiatan pemberian pembatas jalan di beberapa kawasan, namun, saat ini masih mendata total keseluruhan jalan yang membutuhkannya.

"Kita mendukung kegiatan yang digelar Satlantas Polresta Padang, sebab saat ini Dishubkominfo, masih mendata keseluruhan ruas jalan yang harus diberi jalan didaerah ini," jelasnya. (*/eko/wij)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

202 Daerah Bakal Pemilu Kada Serentak 2015

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang - 22/08/2014 06:58 WIB WIB

Padang Tampilkan Aneka Kesenian pada Pembukaan..


Padang - 22/08/2014 03:52 WIB WIB

Rektor Buka Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru..