Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita Duka
Berita

Padang - 25/02/2013 07:32 WIB

Bupati Minta Peran Aktif Mahasiswa Bina Masyarakat

Padang, (Antara Sumbar) - Bupati Tanah Datar Shadiq Pasadique meminta mahasiswa lebih meningkatkan perannya dalam pengembangan bidang keagamaan di tengah masyarakat, karena mereka memiliki intelektual dan semangat juang.

"Mahasiswa dapat menyampaikan dasar-dasar moral, etik, dan spritual untuk tercipta masyarakat yang religius," kata Shadiq saat jadi pembicara pada kuliah umum di Fakultas Dakwah IAIN Imam Bonjol Padang, Senin (25/2).

Menurut dia, sebagai orang yang sedang menimba ilmu pengetahuan di perguruan tinggi agama, tentu berkesempatan untuk menyebarkan ilmu pengetahuan agama ke tengah masyarakat sebagai upaya mendukung pembangunan bidang keagamaan,

Shadiq juga menyampaikan, sebagai manusia terdidik, mahasiswa diharapkan mampu mengubah kebiasaan masyarakat dengan menanamkan nilai-nilai ajaran agama Islam.

Penanaman nilai-nilai tersebut, diharapkan mampu memberikan dampak yang baik agar masyarakat terbebas dari masalah yang bertentangan dengan nilai keislaman.

Saat ini, kata dia, Sumbar yang secara umum masyarakatnya beragama Islam, ternyata belum mampu dibentengi dari sesuatu yang bertentangan dengan moral agama.

Oleh karena itu, sangat diharapkan melalui peran mahasiswa sebagai penggerak perubahan, masyarakat dapat dibimbing agar terhindar dari kesesatan.

Rektor IAIN IB Padang Makmur Syarif mengatakan, perguruan tinggi mempunyai kedudukan dan fungsi penting dalam perkembangan masyarakat.

Peran itu di antaranya bidang agama, sosial, dan politik. Makanya kata Sadiq, diharapkan agar kedudukan dan fungsi PT mesti benar-benar terwujud dalam peran yang nyata.

"PT harus mampu mendorong perkembangan masyarakat. IAIN IB telah berusaha menciptakan mahasiwa yang memiliki intelektual tinggi dan mereka harus menjalankan peran dan dapat memberi warna positif di tengah kehidupan bermasyarakat," harap dia. (**/mg2/wij)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang - Hari ini, jam 02:06 WIB WIB

Universitas Lambung Mangkurat Lakukan Kunjungan..


Padang - Hari ini, jam 12:21 WIB WIB

Pembangunan Pasar Inpres II Ditargetkan Selesai..